Komplotan Penipuan Modus Sales Regulator Gas Digelandang ke Mapolres Klaten

Komplotan Penipuan Modus Sales Regulator Gas Digelandang ke Mapolres Klaten

Jumat, 15 Mei 2020, 10:09

Tersangka penipuan modus sales regulator gas (foto.cahyo)
Klaten, Rakyatterkini - Jajaran kepolisian Resor Klaten berhasil mengungkap dan mengamankan pelaku penipuan dan penggelapan dengan modus sales regulator gas.

Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo melalui Kapolsek Prambanan AKP Suyono mengatakan, lima tersangka berhasil diamankan yaitu, A (25), WJN (22), FI (19), S (23) dan T (21).

"Kelima tersangka diamankan terkait laporan korban Suhartono, warga Desa Brajan Prambanan. Untuk tersangka S dan T saat ini mendekam di Polres Salatiga dalam perkara lain di wilayah sana," kata AKP Suyono saat menggelar konferensi pers di Mapolres Klaten, Kamis (14/5) siang.

Ia mengatakan, tersangka melakukan tindak pidana dengan cara WJN bersama keempat pelaku lainnya mendatangi rumah korban untuk mengecek regulator dan selang kompor gas yang sudah dibeli Suhartono pada 2019 lalu.

"Di rumah korban, WJN bersama FI mengecek keadaan regulator dan selang kompor gas," kata AKP Suyono.

Ia menambahkan, setelah selesai mengecek regulator kemudian WJN dan FI bergabung lagi dengan pelaku lain di ruang tamu rumah korban.

"Di ruang tamu pelaku bernama Sahril mengatakan kepada korban kalau korban mendapatkan undian senilai Rp19 juta namun dalam pengambilan hadiah harus menyerahkan sejumlah uang pajak terlebih dahulu," jelasnya.

AKP Suyono melanjutkan, karena korban tidak memiliki uang tunai, tersangka meminta korban untuk membayarnya dengan barang berharga lainnya seperti emas.

"Akhirnya korban menyerahkan gelang emas seberat 9 gram kepada tersangka," jelasnya.

Polisi menjerat para tersangka dengan Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun kurungan penjara. (cahyo)

TerPopuler