Kamtibmas di Tengah Pandemi Covid-19, 12 Napi Asimilasi Ditangkap

Kamtibmas di Tengah Pandemi Covid-19, 12 Napi Asimilasi Ditangkap

Senin, 18 Mei 2020, 17:21
Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Satake Bayu berikan keterangan pers online. (foto ist)

Padang, Rakyatterkini - Menciptakan kondisi aman dan kondusif di tengah pandemi Covid-19, Polda Sumbar melakukan antisipasi tindakan kejahatan konvensional, dengan menggelar patroli gabungan bersepeda  motor.

Kegiatan rutin ini digelar setiap kabupaten/kota di Sumbar, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya mencegah tindakan kejahatan konvensional.

Dalam mengantisipasi angka kejahatan itu, jajaran Polda Sumbar telah menangkap kembali 12 napi asimilasi, karena kedapatan lagi melakukan aksi kejahatan.

Ke-12 napi asimilasi itu, tujuh orang di antaranya ditangkap di Kota Padang dan lima lagi dibekuk di Sijunjung. Pada umumnya mereka melakukan pencurian dan jambrert.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol. Satake Bayu menyampaikan dalam relis online yang digagas IJTI Sumbar, Senin (18/5) siang.

Dalam relis online itu, Kabid Humas didampingi Kasubdit IV Reskrimsus, Kompol Bendot dan Kasubbit Penmas, AKBP Nurbaiti, serta anggota lainnnya.

Dikatakan, selama priode Januari hingga April ini, Kamtibmas di wilayah Sumbar aman dan terkendali. Begitu juga angka kriminalitas menunjukan penurunan.

Pada Januari, jumlah kasus yang terjadi di Sumbar sebanyak 1.158 kasus, sedangkan Pebruari, 1.135 kasus, Maret, 984 kasus dan April 828 kasus. "Nah, dari Januari hingga April mengalami penurunan setiap bulan, "ujar Satake.

"Jika dikulkulasikan jumlah kasus hingga April ini, berjumlah 4.103 kasus. Dalam prosesnya, sebanyak 2.872 kasus telah berhasil diselesaikan, "kata Kabid Humas.

Selain itu, tentang PSBB, Polda Sumbar juga mengimbau warga untuk tidak mudik, baik antar provinsi maupun antar kabupaten. "Ini sangat kita harapkan, agar tidak mudik dulu, baik antar kabupaten maupun antar provinsi, "ujar Satake.

Selama pelaksanaan PSBB, Polda se jajaran telah memutar-balikan sebanyak 2.734 kendaraan yang masuk ke wilayah Sumbar. Sedangkan antar kabupaten/kota, petugas telah menyuruh pengemudi untuk putar balik sebanyak 41 ribu lebih kendaraan.

"Ini tetap kita lakukan, guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19, "ujarnya.

Selain memutar-balikan kendaraan, pihaknya juga melakukan penindakan dan teguran sebanyak 618 kendaraan.

Tes swab
Terkait, sopir Kapolresta Padang, positif terpapar Covid-19, pihaknya telah mengambil tindakan dengan melakukan pemeriksaan swab terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan yang bersangkutan.

Hingga saat ini, sudah lima anggota kepolisian yang positif covid-19, dua diantaranya sudah sembuh. (gp)

TerPopuler