Investasi Bidang Perikanan Menjanjikan, DKP Undang Investor -->

Investasi Bidang Perikanan Menjanjikan, DKP Undang Investor

Rabu, 27 Mei 2020, 15:49
Investasi perikanan.

Padang, Rakyatterkini - Sumatera Barat memiliki banyak peluang investasi, termasuk di sektor kelautan dan perikanan. Di antaranya, penangkapan dan pengolahan ikan tuna, budidaya dan ekspor kerapu, budidaya dan ekspor mutiara, budidaya udang vaname dan ikan hias.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Ir. Yosmeri mengatakan hingga saat ini usaha tersebut masih berjalan tanpa ada masalah yang berarti.

"Komitmen kita membuka sebesar-besarnya peluang investor yang ingin berinvestasi di Sumbar, "ujar Yosmeri, pekan lalu.

Diakui, potensi usaha kelautan dan perikanan sangat terbuka lebar. Kepada investor, selalu ditawarkan dengan berbagai peluang ataupun potensi investasi, seperti penangkapan dan pengolahan ikan tuna, budidaya kerapu.

Budidaya kerang mutiara, budidaya rumput laut, pemasaran ikan hias, pembangunan pabrik es, dan pembangunan galangan kapal dan sebagainya. "Sangat banyak peluang investasi di Sumbar, "ujar Yosmeri.

Kebutuhan yang mendesak, yakni penambahan pembangunan pabrik es. "Ya, kita butuh menambahan pabrik es, pabrik es yang ada belum mencukupi kebutuhan nelayan."

Untuk itu, pihaknya sangat menerima investor dengan senang hati untuk membangun pabrik es di sepanjang pesisir pantai Sumbar. Jika ada yang berminat, pemerintah akan menyiapkan lahan.

Tidak itu saja, administrasi dan proses perizinan akan dipermudah, sehingga pembangunan pabrik es bisa terwujud.

Selain pabrik es, investor juga diundang untuk membangun ruangan pendingin (cold storage) agar ikan yang didapati nelayan bisa disimpan. "Dengan adanya ruangan pendingin itu, ikan bisa disimpan, agar tidak busuk, "ujar Yosmeri. (hms-sumbar)

TerPopuler