Gelapkan Faktur Penjualan, Otniel Diciduk Polisi Klaten

Gelapkan Faktur Penjualan, Otniel Diciduk Polisi Klaten

Rabu, 20 Mei 2020, 18:21
Tersangka pengelapan di PT Indo Marco. (foto cahyo)

Klaten, Rakyatterkini - Satreskrim Polres Klaten dan Polsek Wonosari berhasil mengungkap kasus penggelapan di PT Indo Marco Adi Prima di Dukuh Padangan, Desa Bulan, Kecamatan Wonosari Klaten dengan tersangka Otniel Wijayanto.

Kapolsek Wonosari, AKP Widji DM, mewakili Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo mengatakan tersangka bekerja sebagai sales. Sewaktu toko-toko membeli secara tunai tersangka justru melaporkan sebagai pembayaran dengan tempo," kata AKP Widji saat menggelar konferensi pers di Mapolres Klaten, Rabu (20/5) siang.

Ia menambahkan, pada Kamis (14/5) sekira jam 13.00 WIB dilakukan audit data terhadap tersangka. Saat itu auditor merasa curiga terhadap lembar faktur warna putih dalam jumlah besar milik tersangka.

Selanjutnya supervisor tersangka melakukan pengecekan ke toko-toko sesuai faktur tersebut dan hasilnya diketahui selama bulan April 2020 sampai 13 Mei 2020 tidak pernah melakukan orderan ke tersangka, jelas AKP Widji.

Lanjutnya, saat diperiksa tim intern perusahaan, tersangka mengakui jika tidak pernah melakukan pengiriman barang-barang produk Indofood sejumlah total harga Rp219.604.145 dengan barang bukti 53 lembar faktur berwarna putih.

Tersangka justru menjual barang-barang tersebut ke pengepul Sunarmi dengan mengatakan bahwa PT Indo Marco ada promo pengurangan harga, katanya.

Polisi menjerat tersangka dengan Pasal 374 KUHP tentang Penggelapan Dalam Jabatan dengan ancaman hukuman selama-lamanya 5 tahun kurungan penjara. (cahyo)

TerPopuler