DKP bersama Matra Laut Amankan Kapal Nelayan Berpenumpang 16 Orang

DKP bersama Matra Laut Amankan Kapal Nelayan Berpenumpang 16 Orang

Senin, 18 Mei 2020, 15:28
Kepala DKP Sumbar, Yosmeri mencek kapal nelayan berpenumpang 16 orang.

Padang, Rakyatterkini - Diduga hendak mudik ke Mentawai, 16 penumpang kapal nelayan diamankan Tim Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Matra Laut Pelabuhan Bungus dan Batang Arau Padang.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumatera Barat, Ir. Yosmeri, Senin (18/5) mengatakan saat tim melakukan pemeriksaan di dalam kapal nelayan ditemukan 16 orang, terdiri atas 13 laki-laki dan tiga perempuan. Selain penumpang, tim juga menemukan BBM satu ton.

Pengakuan penumpang mereka hendak ke Pulau Pagang. Namun tidak mungkin ke Pulau Pagang bawa BBM sebanyak satu ton. Setelah diperiksa, dipastikan mereka mau ke Mentawai.

Dijelaskannya, sesuai Permenhub 25/2020 seluruh angkutan, termasuk kapal, dilarang membawa penumpang. Apalagi Mentawai juga tengah menerapkan karantina wilayah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Setelah diperiksa, ke-16 penumpang kapal itu disuruh balik, ke tempat masing-masing.

Dikatakan, kecurigaan adanya kapal nelayan yang akan membawa penumpang ke Mentawai sudah muncul sejak Sabtu (16/5) sore. Kapten kapal yang bersiap berangkat menyebut akan memancing ikan pada Senin (18/5), padahal orang sudah mau Lebaran.

Merasa curiga, Minggu (17/5) pagi, Yosmeri bersama tim kembali memeriksa kapal tersebut dan menemukan 16 penumpang di atas kapal.

Penangkapan kapal nelayan mengangkut penumpang tersebut dilakukan sehari setelah Gubernur Sumbar Irwan Prayitno melakukan inspeksi mendadak ke Posko Tim Satgas Matra Laut Pelabuhan Bungus dan Batang Arau pada Sabtu (16/5).

Kedatangan Irwan di posko tersebut memastikan kesiapan petugas di lapangan dalam melaksanakan Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri 1441 Hijriah.

Ia menegaskan mudik dan bepergian tidak boleh dilakukan pada masa penerapan PSBB tahap II di Sumbar yang akan berlangsung hingga 29 Mei 2020. (hms-sumbar)

TerPopuler