Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Jual Sembako Murah Melalui Mobil Box

Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Jual Sembako Murah Melalui Mobil Box

Jumat, 15 Mei 2020, 13:48
Mobil box Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan melayani pembeli sembako murah. (foto ist)

Agam, Rakyatterkini.com - Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam menyediakan sembako murah untuk masyarakat terdampak Covid-19.

Sembako yang disediakan beras, cabai, minyak goreng, telur, gula, bawang merah, bawang putih, daging, ikan olahan dan beberapa sembako lainnya.

Harga sembako tersebut di bawah pasar, dan persediaan ini kita stok hingga wabah ini berlalu.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perikanan Dan Ketahanan Pangan Agam, melalui Kasi Distribusi Pangan Kasman Ashadi SIP kepada rakyatterkini.com, Jumat (15/5) di ruang kerjanya.

"Harga sembako ini berada di bawah harga pasar, untuk daging sapi dijual dengan harga Rp75.000 per kilogram dari harga pasar Rp120.000 per kilogram, bawang putih Rp46.000 per kilogram dari harga pasar Rp55.000 ribu per kilogram.

Selain itu, beras Ir 42 Rp12.000 per kilogram dari harga pasar Rp13.500  per kilogram, beras kuruik kusuik Rp13.000 per kilogram dari harga pasar Rp14.000 per kilogram.

Harga sembako itu lebih murah dari harga di pasar tradisional di daerah tersebut. Warga sangat antusias, sehingga seluruh bahan kebutuhan pokok yang disediakan habis semuanya, katanya.

Menurut Kasman Ashadi, biasanya menggelar bazar setiap Rabu pertama tiap minggunya, namun kali ini langsung turun ke lapangan dengan bermodal mobil box.

Ini dilakukan untuk menghindari banyak kerumunan antara para pembeli. "Sebelumnya kita menggelar bazar di depan kantor, namun kali ini kita langsung turun ke lapangan, kenagari -nagari berkeliling dengan mobil box, jadi warga tidak perlu repot-repot datang ke sini."

Selain menghemat biaya bagi pembeli juga menghindari kerumunan diantara para pembeli, mengingat wabah Covid-19 yang melanda, kata Kasman.

Sembako murah yang dilakukan itu berkat kerjasama Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam dengan Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) Dinas Pangan Sumbar.

Seluruh bahan kebutuhan pokok itu, milik TTIC yang dibawa langsung dari Padang.S elain itu kita juga memberdayakan Poktan setempat.

Kasman Ashadi mengakui sembako murah yang disediakan itu guna membantu masyarakat terdampak wabah Covid-19 dan sekaligus dalam rangka menstabilkan harga kebutuhan pokok di daerah terkait, karena sejumlah harga kebutuhan cukup tinggi seperti, bawang merah, bawang putih dan beras.

"Harga kebutuhan pokok saat ini cukup tinggi, apalagi sebentar lagi mau lebaran, semoga dengan adanya sembako murah ini, masyarakat kita hendaknya terbantu, dan wabah covid 19 ini cepat berlalu, kita bisa hidup normal kembali seperti biasanya", harap Kasi Distribusi tersebut.

Salah seorang warga Lubuk Basung, Riza (39) mengatakan sembako murah itu sangan membantu, karena harganya memang murah dari harga pasar katanya .

"Saya berharap sembako murah ini ada setiap hari, sehingga membantu masyarakat kurang mampu mendapatkan bahan kebutuhan pokok, dan kami senang sekali karena kami tak perlu pergi jauh-jauh membeli sembako. Cukup depan rumah sudah ada mobil box dari Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan yang datang," katanya. (vn)

TerPopuler