Bupati Instruksikan Camat dan Wali Nagari Disiplinkan Masyarakat dengan Protokol Covid -->

Bupati Instruksikan Camat dan Wali Nagari Disiplinkan Masyarakat dengan Protokol Covid

Minggu, 31 Mei 2020, 14:42
Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Pessel, Rinaldi.

Painan, Rakyatterkini - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni, menginstruksikan seluruh camat dan wali nagari melakukan sosialisasi dan pengawasan terhadap ketaatan masyarakat melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada berbagai aktivitas.

"Kedisiplinan masyarakat mentaati protokol covid 19 juga akan diawasi oleh TNI dan Polri," kata bupati, Minggu (31/5/2020).

Menurut bupati ketaatan masyarakat memakai masker bila berada di luar rumah, menjaga jarak, menghindari kontak pisik serta rajin cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir,  dapat melindungi dirinya dan orang lain dari penularan covid 19.

Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Pessel, selaku Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Rinaldi dalam siaran pers, Minggu (31/5/2020) mengatakan instruksi bupati tersebut juga disampaikan melalui surat edaran nomor 100/60/GTC-V/ 2020 yang ditujukan kepada selurah camat dan wali nagari se-Pesisir Selatan.

Instruksi tersebut menindaklanjuti instruksi gubernur Sumatera Barat Nomor : 360/142/COVID-19-SBR/V-2020 dan Keputusan Bupati Nomor: 360/277/Kpts/BPT-PS/2020 tanggal 29 Mei 2020.

Dikatakan, pemberlakuan Perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar merupakan persiapan
menuju tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19, karenanya  perlu meningkat disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan penanganan covid19.

Camat dan wali nagari harus mendisiplinkan masyarakat untuk selalu memakai masker bila berada di luar rumah, menjaga jarak, rajin cuci tangan dan menghindari kerumunan massa.

Selain itu, Bupati juga memerintahkan camat dan wali nagari untuk menyosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol covid-19.

Dalam melakukan sosialisasi diharapkan camat serta wali nagari dapat melibatkan dukungan tokoh masyarakat, tokoh adat, alim ulama, cerdik pandai dan tokoh lainnya.

Selain itu, bupati menginstruksikan camat dan wali nagari untuk meningkatkan koordinasi, pengerahan sumberdaya dan operasional pelaksanaan PSBB dengan instansi terkait. (baron)

TerPopuler