BLT di Desa Birit Klaten Sasar Kaum Difabel dan Warga Jompo -->

BLT di Desa Birit Klaten Sasar Kaum Difabel dan Warga Jompo

Minggu, 31 Mei 2020, 17:19
Warga Desa Birit saat menerima BLT. (foto cahyo)

Klaten, Rakyatterkini
- Pemerintah Desa (Pemdes) Birit, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa (DD) tahap pertama.

Penyerahan bantuan kepada 57 keluarga penerima manfaat (KPM) berlangsung di aula balai desa setempat, Minggu (31/5/2020) pagi.

Kepala Desa Birit, Sukadi Danang Witono mengatakan, penerima BLT DD ditetapkan dalam musyawarah desa khusus (Musdesus) pada Kamis (28/5) lalu yang dihadiri BPD, RW dan RT se-Desa Birit.

"Awalnya tim relawan melakukan pendataan calon penerima BLT. Saat itu diperoleh sekitar 200an nama. Setelah dilakukan validasi dan finalisasi dalam Musdesus disepakati 57 nama penerima BLT," katanya.

‎Menurut Kades Birit, untuk tidak menimbulkan gejolak di tengah masyarakat terkait penyaluran BLT DD, pemerintah desa dan lembaga desa menyepakati kriteria khusus bagi warga yang berhak menerima.

"Kriteria khusus bagi penerima BLT di Desa Birit yaitu, warga difabel, warga jompo, warga yang memiliki penyakit menahun serta janda dan duda nonproduktif yang tidak memiliki pekerjaan.

Menurut Kades, di Desa Birit ada sekitar 250an KPM yang memperoleh bantuan berupa bantuan sosial tunai (BST) dari Kemensos, bantuan sosial (bansos) dari provinsi dan bansos dari pemerintah kabupaten.‎

"Seluruh tahapan pendataan hingga finalisasi penerima BLT DD dapat berjalan lancar tanpa gejolak," katanya.‎

Menurut Danang, masyarakat bisa menerima dengan kebijakan yang diambil oleh pemerintah desa terkait penyaluran BLT dana desa.

"Situasi di Desa Birit tetap kondusif dan warga merasa bersyukur atas penyaluran BLT DD yang digulirkan pemerintah desa," pungkasnya. (cahyo)

TerPopuler