Baru Dibangun, Tanggul Belakang SDN 31 Koto Marapak Terban

Baru Dibangun, Tanggul Belakang SDN 31 Koto Marapak Terban

Minggu, 17 Mei 2020, 09:55
Tanggul terban. (foto baron)

Painan, Rakyatterkini -Tanggul belakang SDN 31 Koto Marapak, Nagari Koto Nan Tigo Selatan, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang dibangun berapa bulan lalu tahun telah terban

Tanggul dibangun pada November 2019 dan pada 11 Januari 2020 tumbang," kata Kepala SDN 31 Koto Marapak Gusmardi di sekolah itu, Saptu (16/5/2020).

Sebelum tumbang, ia melihat terdapat retakan namun dirinya tidak bisa memastikan apakah hal tersebut yang menjadi penyebab tumbanbangnya tanggul, terang Gusmardi

"Kami hanya berharap tanggul segera diperbaiki atau kembali dibangun, karena dengan adanya tanggul terdapat areal yang bisa dimanfaatkan untuk membangun tiga ruang belajar lagi," sebutnya.

Selain itu, tanggul yang dibangun juga efektif menahan halaman sekolah dari kelongsor karena kondisinya yang tidak rata.

Terkait kejadian itu pihaknya mengaku telah menyampaikan ke pihak-pihak terkait mulai dari wali nagari, camat hingga kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

Sementara itu, Kasi Sungai dan Pantai, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Pesisir Selatan, Boy Of Sudarman menerangkan proyek pembangunan tanggul di SDN Koto Merapak menelan biaya Rp188 juta dengan panjang 37,5 meter.

Saat ini proyek masuk dalam masa pemeliharaan, saya selaku dinas terkait memintak segera kepada kontraktor memperbaiki tanggul tersebut secepat mungkin. Tanggul itu dalam masa pemeliharaan kami telah menyurati kontraktor pelaksana untuk memperbaikinya kembali," katanya, "ujar Boy.

Sementara itu, anggota DPRD daerah pemilihan Sutera - Lengayang, Abdul Muis menyayangkan tanggul yang baru dibangun sudah terban, padahal masih dalam hitungan bulan, terang Abdul Muis.

Terkait hal itu, semestinya aparatur di dinas teknis jeli melihat bisa atau tidaknya sebuah kegiatan dilaksanakan. Begitu juga serah terima akhir pekerjaan atau Final Hand Over (FHO) sehingga kejadian serupa tidak kembali terjadi.

Sampai saat sekarang tidak ada sama sekali memperhatikan bagai mana kelanjutan tanggul yang terban itu. (baron)

TerPopuler