17 Ribu Lebih Warga Tanah Datar Terima BST dari Pemkab

17 Ribu Lebih Warga Tanah Datar Terima BST dari Pemkab

Selasa, 19 Mei 2020, 17:57
Wabup Zuldafri Darma serahkan BST pada masyarakat. (foto ist)

Batusangkar, Rakyatterkini - Sedikitnya 17 ribu warga di Tanah Datar telah menerima dana Bantuan Sosial Tunai (BST) yang disalurkan Pemkab dari APBD.

Untuk ini, diminta agar warga memanfaatkannya sesuai kebutuhan, walaupun nilainya tidak terlalu besar.

Wakil Bupati, Zuldafri Darma berkeliling kecamatan menyerahkan bantuan pada masyarakat yang terdampak akibat Covid-19.

Pada Selasa, (19/5) kemarin Wabup berada di Kecamatan  X Koto kemudian di Kecamatan Tanjung Baru, Lintau Buo dan Lintau Buo Utara.

"BST yang diserahkan bermaksud untuk mengurangi beban masyarakat terdampak Covid-19 di tengah pandemi yang masih berjangkit saat ini. Tentu sangat membantu masyarakat," ucap Wabup di hadapan masyarakat penerima, Kadis PMDPPKB Nofenril, Kadis Sosial dan PPPA Yuhardi,  Kabag Perekonomian dan SDA Masni Yuletri, camat dan Forkopimca.

Ada sebanyak 17 ribu penerima BST diserahkan atau pada masyarakat terdampak. Ia meminta agar digunakan untuk kebutuhan penting dan mendesak.

Sedangkan, Kadis Sosial dan PPPA Yuhardi menyebutkan BST yang berasal dari APBD ini sebanyak 17.372 KK didistribusikan via Bank Nagari Batusangkar, masing-masing menerima Rp600.000 setiap bulan untuk tiga bulan ke depan.

Untuk BST Kemensos berjumlah 14.643 KK,  didistribusikan melalui PT. Pos Indonesia sebanyak 13.957 KK, melalui BRI 574 KK dan BNI 112 KK,  BST Provinsi Suumbar untuk 8.585 KK juga akan disalurkan melalui PT. Pos Indonesia.

Sementara BST  Tanah Datar sebanyak 17.372 KK dan BLT dana desa 11.182 KK yang didistribusikan melalui Bank Nagari Cabang Batusangkar.

Dikatakan, BST akan disalurkan selama tiga bulan dan hanya menerima 1 jenis bantuan tunai, sedangkan penerima PKH (Program Keluarga Harapan) dan penerima Sembako tidak lagi menerima bantuan BST.

Masyarakat penerima untuk mengambil  BST harus menunjukkan photocopy KTP dan KK, sekaligus verifikasi data, dokumentasi, jika dokumen lengkap bantuan langsung diterima. (ydi)

TerPopuler