Warga Padang Tongga yang Meninggal di RSAM Bukittinggi Negatif Virus Corona -->

Warga Padang Tongga yang Meninggal di RSAM Bukittinggi Negatif Virus Corona

Minggu, 12 April 2020, 21:15
Petugas setelah melakukan pemakaman. (foto vani)

Lubuk Basung, Rakyatterkini.com – Satu warga Padang Tongga, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung meninggal dunia Kamis (9/4) lalu di RSAM Bukittinggi dan dimakamkan di Padang Tongga, negatif terpapar virus corona.

Kepastian hasil tes covid-19 itu, sesuai hasil pemeriksaan laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Rumah Sakit Universitas Andalas Padang, yang dilaporkan kepada Bupati Agam Indra Catri dan ketua tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Kabupaten Agam Martiaswanto Dt. Maruhun, Sabtu (11/4) sore.

Hal itu dikatakan ketua GTP2 Covid-19 Agam Martiaswanto. Dt. Maruhun, didampingi Asisten II Sekab Agam Yosefriawan dan Kabag Protokoler-Komunikasi Pimpinan Sekab Agam Khasman Zaini menjawab Rakyatterkini.com di posko utama GTP2 Covid-19 Agam Padang Baru, Lubuk Basung.

Dijelaskan, PDP yang meninggal dunia Kamis, (9/4) sekitar pukul 04.00 WIB di RSAM Bukittinggi yang dikuburkan sesuai protokol medis di pandam pakuburan keluarga di Padang Tongga, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kamis sorenya. Proses pemeriksaan medis, termasuk hasil pemeriksaan labor, baru selesai dan diumumkan Sabtu, (11/4) sore.

“Kita terima informasi langsung dari kepala laboratorium Diagnostic dan Riset Penyakit Infeksi Rumah Sakit Universitas Andalas Padang, dr. Andani Eka Putra, Sabtu sore , “ kata Martiaswanto Dt.Maruhun.

Dijelaskannya oleh ketua GTP2 Covid-19 Agam yang juga Sekab Agam itu, warga Padang Tongga, Nagari Manggopoh, yang berjenis kelamin laki-laki masuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) meninggal di RSAM Bukittinggi, dan proses pemakaman jenazah diselenggarakan dengan standar opersional prosedur (SOP) Covid 19, walaup hasil swab pemeriksaan laboratorium yang bersangkutan belum diketahui waktu proses pemakaman.

Dikatakan Martiaswanto Dt.Maruhun, almarhum memiliki riwayat perjalanan dari wilayah pandemi di Tanggerang, Provinsi Banten, sebelum dirujuk ke RSAM. Almarhum merupakan perantau yang di Jakarta dan pulang dalam keadaan sakit dan sudah beberapa kali dirawat di RSUD Lubukbasung, analisa dokter yang bersangkutan sakit paru-paru yang sudah diobati dan boleh pulang.

“Tiga hari di rumah, sakitnya kambuh lagi, dan dibawa kembali dua RSUD Lubuk Basung, kemudian dirujuk ke RSAM Bukittinggi, Kamis, (9/4) beliau berpulang, “ jelasnya.
Sesuai protokol medis yang ditetapkan, dilakukan pemeriksaan labor terhadap almarhum dan hasilnya baru keluar hari Sabtu.

“Alhamdulillah negatif, “ sebut Sekab Agam itu lagi.

Selain hasil pemeriksaan labor terhadap PDP yang sudah meninggal dan dimakamkan di Padang Tongga tersebut, tim GTP2 COvid19 Agam, juga melakukan pemeriksaan darah (rapid test) pada 6 orang keluarga PDP yang meninggal tersebut, dipimpin langsung ketua GTP2 Covid-19 Agam Martiaswanto Dt Maruhun bersama personil medis, Sabtu, (11/4).

“Hasil pemeriksaan 6 orang keluarga dekat almarhum yang masuk dalam PDP itu, juga negatif,” tegas Martiaswanto Dt Maruhun mengakhiri. (VN)

TerPopuler