Wali Nagari 4 Koto Hilie Periksa Suhu Staf dan Masyarakat yang Berurusan ke Kantornya -->

Wali Nagari 4 Koto Hilie Periksa Suhu Staf dan Masyarakat yang Berurusan ke Kantornya

Senin, 13 April 2020, 21:05
Wali Nagari 4 Koto Hilie, Satria Darma Putra ketika suhunya dicek saat masuk kantor. (foto baron)

Painan, Rakyatterkini – Wali Nagari 4 Koto Hilie, Batang Kapas, Pesisir Selatan, Satria Darma Putra mewajibkan cek suhu tubuh kepada staf, dan masyarakat yang mau berurusan masuk kantor.

Alat pengukur suhu tubuh itu sudah disediakan oleh wali nagarinya sebanyak lima unit dan juga dibagikan ke bidan bidan desa, Senin (13/4/2020).

Ini mengantisipasi penyebaran virus corona covid-19. Staf dan masyarakat yang datang harus melalui pengecekan di pintu pemeriksaan.

Mereka diperiksa menggunakan alat pengukur suhu tubuh digital. Bila suhu tubuhnya normal, mereka diizinkan masuk kantor.

Namun, bila suhunya di atas rata-rata, mereka akan diawasi oleh tim medis/atau bidan desanya. Pengecekan itu dilakukan oleh wali nagarinya, ujar Satria.

Wali menyampaikan, alat pengukur suhu tubuh ini dibeli di Padang dengan anggaran dana desa (DD) sebesar Rp20 juta rupiah, juga termasuk alat pemyemprotan dan obat-obatan. Begitu juga masker sebagai tindakan pencegahan.

"Bukan hanya soal penyakit corona covid-19 itu saja. Tapi juga penyakit lain. Kebetulan kami punya beberapa alat ukur suhu inframerah, jadi kami optimalkan pemanfaatannya,” kata walinya.

Selain melakukan pengukuran, pihaknya juga mewajibkan kepada masyarakatnya mencuci tangan sebagai langkah antisipasi penyebaran virus 19.

Dalam waktu dekat ini, masyarakat juga akan diajari cara membuat hand sanitizer. Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi kelangkaan masker dan melonjaknya harga barang, setelah kemunculan virus di Indonesia. (baron)

TerPopuler