Tangani Covid-19, Pemkab Klaten Siapkan Anggaran Rp34 Miliar‎ -->

Tangani Covid-19, Pemkab Klaten Siapkan Anggaran Rp34 Miliar‎

Rabu, 08 April 2020, 22:30
Bupati Sri Mulyani pada kegiatan rapat Gugus Tugas Covid-19 (foto.istimewa)

Klaten, Rakyatterkini - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten memutuskan untuk melakukan pergeseran anggaran dari beberapa kegiatan.

Anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk pengadaan sembako atau logistik bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Klaten yang juga Bupati Klaten Sri Mulyani di sela-sela kegiatan mengunjungi pos pelayanan Covid-19, Senin (6/4) sore.

"Kaitannya dengan jaring pengaman sosial, kami sudah melakukan pergeseran anggaran dari beberapa kegiatan. Yang paling besar adalah anggaran biaya perjalanan dinas," jelas Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani, masyarakat yang terdampak Covid-19 khususnya adalah ODP (orang dalam pemantauan) dan keluarga PDP (pasien dalam pengawasan).

‎Bupati Sri Mulyani menambahkan, sasaran selanjutnya untuk bantuan logistik adalah bagi masyarakat yang terdampak langsung seperti, tukang becak, ojol (ojek online), pedagang kaki lima dan pedagang yang berjualan di kantin sekolah.

Terkait APD (alat pelindung diri), Bupati Sri Mulyani memastikan mulai minggu ini akan didistribusikan kepada rumah sakit rujukan covid, baik negeri maupun swasta juga puskesmas.

Dikutip dari laman klatenkab.go.id Pemkab Klaten telah menyiapkan anggaran sebesar Rp34 miliar untuk penanganan Covid-19.

Jumlah dana tersebut berasal dari Dana Siap Pakai (DSP), Belanja Tidak Terduga (BTT) dan pemotongan anggaran perjalanan dinas seluruh ASN Pemkab Klaten dan DPRD Klaten sebesar 35 persen.

Dana tersebut diantaranya akan digunakan untuk keperluan logistik, bantuan sosial dan APD (alat pelindung diri). (cahyo)

TerPopuler