Satu Pasien Positif Corona, ‎Pemkab Klaten Umumkan KLB -->

Satu Pasien Positif Corona, ‎Pemkab Klaten Umumkan KLB

Rabu, 01 April 2020, 17:45
Bupati Klaten memberikan keterangan status KLB. (foto.cahyo)

Klaten, Rakyatterkini - Bupati Klaten, Sri Mulyani menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) Covid-19 setelah ditemukan satu pasien dinyatakan positif virus corona.

Penjelasan tersebut disampaikan Bupati Sri Mulyani saat menggelar jumpa pers di Pendopo Pemkab Klaten, Rabu (1/4) siang.

"Untuk jumlah ODP kumulatif sampai hari ini ada 1.151 orang. Dinyatakan sehat ada 49 orang dan dirawat di rumah sakit ada 5 orang," kata Bupati Sri Mulyani.

Bupati menambahkan, pasien dalam pantauan (PDP) angka kumulatif ada 13 orang, menunggu hasil lab ada 12 orang dan proses mengambil sampel ada 1 orang.

Menurut Sri Mulyani, dari hasil tes swab yang sudah keluar dan dinyatakan positif ada 1 orang.

Menurut bupati, pasien positif corona tersebut adalah seorang pria berusia 46 tahun merupakan warga di Kecamatan Klaten Tengah.

Bupati menjelaskan, pasien positif corona tersebut sudah dirawat selama 11 hari di Rumah Sakit Daerah (RSD) Bagas Warga dengan kondisi kesehatan yang stabil.

"Saya berharap masyarakat jangan panik, jangan takut, dan tetap selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat. Mencuci tangan menggunakan sabun dan menaati protokol pencegahan Covid-19," katanya.

Menurut Sri Mulyani, ia sudah memerintahkan kepada para camat, kepala desa, RT dan RW untuk melakukan pengawasan kepada pemudik yang saat ini sudah kembali ke Klaten.

Bupati meminta kepada lebih dari 10.000 warga pemudik untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Bupati meminta kepada seluruh ASN, camat, pemerintah desa dan Forkopimda beserta seluruh jajarannya untuk meningkatkan imunitas tubuhnya.

Sri Mulyani memerintahkan kepada seluruh ASN setiap pukul 10.00 WIB untuk melaksanakan kegiatan berjemur atau kegiatan relaksasi di luar ruangan di bawah sinar matahari.

"Lakukan kegiatan berjemur atau relaksasi setiap 10 sampai 15 menit. Hal tersebut bertujuan untuk merenggangkan otot dan mendapatkan sinar matahari pagi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan," kata Bupati Sri Mulyani. ‎(cahyo)

TerPopuler