Penanganan Virus Covid-19, Pemko Padang Gandeng Perguruan Tinggi

Penanganan Virus Covid-19, Pemko Padang Gandeng Perguruan Tinggi

Senin, 06 April 2020, 21:45
Wawako, Hendri Septa bersama Dekan FDIK UIN IB. (foto ist)

Padang, Rakyatterkini - Penanganan penyebaran virus covid-19, Pemerintah Kota Padang dibantu berbagai pihak, termasuk kalangan akademisi. Salah satunya, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN-IB Padang).

Itu terungkap saat pertemuan Dekan FDIK Dr. H. Wakidul Kohar, M.Si bersama Wakil Walikota Padang Hendri Septa, Senin (6/4/2020).

Wakil Walikota, Hendri Septa mengatakan atas nama Pemerintah Kota Padang tentu sangat menyambut baik niatan dukungan FDIK UIN IB tersebut.

Dalam mengantisipasi covid-19 Pemko Padang sangat mengharapkan bantuan dari semua pihak, apalagi saat ini bahkan sampai beberapa waktu ke depan, dampak penyebaran virus tersebut diprediksi akan luar biasa salah satunya terhadap sosial ekonomi masyarakat.

"Alhamdulillah, kita sangat mengapresiasi FDIK UIN IB Padang yang ikut memikirkan dampak wabah covid-19. Sekaligus berupaya agar masyarakat tidak tedampak secara sosial ekonomi terutama untuk kebutuhan pangan sehari-hari," ujar Hendri Septa.

Sementara itu Wakidul Kohar mengatakan, sesuai paradigma menara gading menjadi mitra bersanding, FDIK UIN IB Padang ingin bersanding dan bersama-sama dengan pemerintah daerah menghadapi model penanggulangan pandemi covid-19.

"Di FDIK ada juga para dosen kita yang terkait dengan bidang kesehatan masyarakat. Untuk itu kita mencoba memberikan masukan dan menawarkan kepada Pemko Padang untuk bisa bersama-sama menghadapi dampak covid-19 ini," sebutnya.

Dukungan dari sisi komunikasi komunikator agama. Sebagaimana diharapkan para mubaligh atau komunikator agama semuanya bisa mematuhi arahan dan seruan pemimpin dan menyampaikan pesan kebijakan pemerintah kepada jamaah.

Wakidul Kohar juga menyerahkan kajian kepada Pemko Padang melalui Wawako Hendri Septa. Kajian itu diantaranya berisi informasi terkait daerah yang sudah zona merah di Kota Padang dan grafik kasus covid-19 terus naik di Sumatera Barat.

Isi kajiannya, yaitu upaya membentuk posko atau Satuan Tugas (Satgas) pengawasan dan penanggulangan Covid-19 di masjid-masjid se-Kota Padang sampai ke tingkat RT dan RW. (gp)

TerPopuler