Penanganan Covid-19, Ketua Komisi I DPRD Halut: Pemerintah Harus Berlakukan Karantina Terpusat -->

Penanganan Covid-19, Ketua Komisi I DPRD Halut: Pemerintah Harus Berlakukan Karantina Terpusat

Kamis, 02 April 2020, 21:15
Irfan Soekoenay

Tobelo, Rakyatterkini.com - Melalui komonikasi Via WhatsApp, ketua Komisi I DPRD Kabupaten Halmahera Utara, Irfan Soekoenay menyebutkan demi meminimalisir penyebaran covid 19 harus ada langkah-langkah yang harus diambil oleh DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat untuk mengusulkan Kepada Pemerintah daerah kabupaten Halmahera Utara, Kamis (2/4/2020).

Ketua komisi I DPRD Halmahera Utara, Irfan Soekoenay, usulan-usulan yang rencananya akan diusulkan kepada pemerintah daerah lebih menitip beratkan soal karantina terpusat diantaranya:

Mereka yg disebut ODP adalah yang baru pulang dari wilayah zona merah dan ada menunjukkan gejala-gejala demam,flu, batuk. Lokasi karantina di rusun pemda.

Kebijakan karantina terpusat hanya berlaku untuk ODP dengan pertimbangan melihat data dalam sehari utk mobilisasi warga ke wilayah Halut sangat tinggi yang mencapai 1200an, sehingga jika dilakukan karantina terpusat pasti sangat memberatkan baik dari sisi fasilitas maupun anggaran.

Mereka yang pulang dari zona merah dan tidak menunjukkan gejala dilakukan karantina mandiri dengan ketentuan, akan disiapkan kartu wajib lapor ke pemdes setempat saat baru tiba sebagai referensi untuk dilakukan pemantauan, menyiapkan buku panduan isolasi mandiri untuk menjadi acuan yang wajib dipatuhi bagi mereka dan keluarganya.

Untuk bantuan sembako ke warga miskin dan pihak-pihak yang trdampak atas kebijakan Pemda, sementara dilakukan validasi data dan direncanakan Minggu depan telah tersalur.

"Kmi berharap semua usulan ini akan diterimah oleh pemerintah daerah kabupaten Halmahera Utara untuk kepentingan masyarakat dan daerah agar terhindar dari Covid 19. (ahmad)

TerPopuler