Pemprov Jabar akan Terapkan PSBB di Beberapa Daerah -->

Pemprov Jabar akan Terapkan PSBB di Beberapa Daerah

Senin, 13 April 2020, 20:57
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Bandung, Rakyatterkini.com - Setalah Ibu Kota Jakarta menerapkan PSBB, tiba giliran Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menerapkan PSBB pada Lima wilayah di Jawa Barat. Penerapan PSBB dimaksud untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Pemprov Jawa Barat akan mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)  pada 15 April 2020 mendatang. Ini berkaitan penetapan PSBB kota dan Kabupaten Bekasi, Bogor dan Depok yang akan diberlakukan pada Rabu (15/4/2020) pukul 00.00 WIB.

Bandung Raya meliputi Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kabupaten Sumedang.

"Wilayah tersebut sudah dilakukan berbagai kajian data karena adanya lompatan, kami sedang mempersiapkan penerapan PSBB, tentu saja menyampaikan pengajuan bakal dilakukan PSBB, "ujar Ridwan Kamil, gubernur Jawa Barat, Minggu (15/4/2020) di Gedung Pakuan Bandung.

Dia mengemukakan, penerapan PSBB di Jawa Barat akan dibagi dalam tiga tahapan. Pada tahapan pertama ada lima wilayah di antaranya Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten dan Kota Bogor dan Kabupaten Depok.

Untuk tahapan kedua pengajuan PSBB di Bandung Raya, adapun untuk tahapan ke tiga setelah melakukan pengkajian dan analisa dengan melihat situasi yang sekiranya dinilai sangat mendesak.

Menyinggung persoalan penyebaran virus Covid-19 di Bandung Raya yang saat ini semakin bertambah penderita virus Corona baik PDP dan yang meninggal dan Bandung di nomer duakan.

Kang Emil mengatakan kasus Covid-19 di Bandung bukan berarti tidak di prioritaskan. Akan tetapi wilayah Bekasi, Bogor dan Depok merupakan wilayah penyanggah Ibu Kota karena masuk klaster wilayah Jabodetabek.

"Bandung Raya bukannya tidak urgen, akan tetapi Bogor, Depok dan Bekasi masuk klaster maka terlebih dahulu untuk memberlakukan PSBB, "ungkapnya.

Ridwan Kamil optimis dengan diterapkan PSBB pada akhir Juni data pasien positif akan menurun. Akan tetapi jika masih tidak disiplin maka PSBB terus berlanjut.

"Saya harap pemerintah daerah juga harus melakukan kajian dan disiplin agar wabah ini cepat berakhir," pungkas Emil. (M. Yadi)

TerPopuler