Pemkab Agam Tuntaskan Pendistribusian Beras untuk Masyarakat Miskin -->

Pemkab Agam Tuntaskan Pendistribusian Beras untuk Masyarakat Miskin

Selasa, 07 April 2020, 21:00
Pendistribusian beras untuk masyarakat miskin. (foto ist)

Agam, Rakyatterkini - Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Sosial telah selesai menyerahkan bantuan beras gratis kepada masyarakat miskin, terdampak covid-19 yang tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) 2020.

Adapun besar bantuan yang diberikan 10 kg beras untuk keluarga yang jumlah anggota rumah tangganya satu orang, sementara itu 20 Kg untuk jumlah anggota rumah tangganya lebih dari 1 orang.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam, Rahmi Artati, SSTp, MSi kepada Rakyatterkini.com saat dihubungi via ponsel mengatakan pendistribusian bantuan tersebut telah disalurkan kepada masyarakat mulai 31 Maret s/d 6 April kemaren.

Ini sengaja diburukan untuk meringankan beban masyarakat, dan pemerintah Kabupaten Agam telah membentuk tim tanggap darurat percepatan penanganan penyebaran covid 19 yang turun ke lapangan mendistribusikannya secara langsung sampai kesasaran.

"Mekanisme tersebut sengaja kita susun demikian rupa agar bantuan yang diberikan cepat tersalur dan tepat sasaran serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sesegera mungkin, sehingga masyarakat tidak merasakan dampak yang begitu dalam, kata Rahmi.

Dikatakan, adapun bantuan beras yang disalurkan kepada masyarakat miskin secara keseluruhan di Kabupaten Agam berjumlah 480.750 kg, semuanya disalurkan tanpa terkecuali.

Rahmi mengatakan bagi masyarakat miskin yang terdampak covit-19 tidak masuk pada DTKS dapat melapor kepada walinagari setempat, nanti walinagari akan melakukan verifikasi terhadap laporan tersebut, dan segera menindaklanjutinya sesuai ketentuan yang berlaku.

Masyarakat Agam tidak perlu cemas, karena pemerintah daerah akan berupaya meringankan beban yang ditanggung masyarakatnya. Namun perlu diperhatikan masyarakat terdampak tersebut yakni masyarakat yang kehilangan penghasilan akibat wabah covid 19.

"Mereka yang mempunyai pekerjaan harian satu jenis atau menerima upah harian, mereka yang kita utamakan, "kata Rahmi menjelaskan.

Ditambahkan masyarakat terdampak yang tidak masuk pada DTKS tersebut akan menerima bantuan beras dari APB nagari, nanti akan disalurkan langsung oleh walinagari melalui walijorong yang telah ditunjuk dibantu perangkatnya.

Di sisi lain Rahmi mengatakan pihaknya juga berupaya mendapatkan bantuan pangan pendukung seperti sarden, telur dan lainnya dari pemerintah provinsi yang akan didistribusikan kepada 32.570 jiwa masyarakat miskin dalam data DTKS di Kabupaten Agam terdampak Covid 19 katanya mengakhiri. (VN)

TerPopuler