Ojak Online Diperbolehkan Angkut Penumpang, Berlaku Hingga Bansos Turun -->

Ojak Online Diperbolehkan Angkut Penumpang, Berlaku Hingga Bansos Turun

Senin, 13 April 2020, 20:45
Ojek online. (foto detiknews)

Jakarta, Rakyatterkini - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona, Doni Monardo menuturkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) yang memperbolehkan ojek online mengangkut penumpang hanya berlaku hingga turunnya bantuan sosial dari pemerintah, kepada pekerja informal dan masyakat lapisan bawah.

Menurut Doni itu telah dijelaskan oleh Pelaksana Tugas Menteri Perhubungan Luhut Pandjaitan kepada Presiden Jokowi.

"Pak Luhut sudah lapor kepada presiden intinya Permenhub efektif berlaku sampai dengan program bantuan sosial itu terlaksana," kata Doni dalam konferensi pers, Senin, (13/4/2020), seperti dilansir Tribunnews.

Setelah bantuan sosial tersebut turun nantinya menurut Doni, aturan mengenai ojek online akan menyesuaikan dengan Permenkes. Artinya ojek online tidak boleh mengangkut penumpang selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Jadi setelah program bantuan sosial berjalan maka Permenhub menyesuaikan, jadi kita tetap mengacu Permenkes mengenai physical distancing di mana jaga jarak menjadi hal prioritas,  meski dalam aturan Permenhub ada protokol kesehatan," pungkasnya.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menerbitkan Pertaruan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 18 Tahun 2020, tentang Pengendalian Transportasi dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Salah satu peraturan dalam Permenhub tersebut, masih memperbolehkan  sepeda motor milik pribadi ataupun ojek onliine dan konvensional membawa penumpang.

Peraturan tersebut bertentangan dengan Permenkes yang menjadi rujukan sejumlah daerah dalam menerapkan PSBB. Dalam Permenkes ojek online hanya boleh mengangkut barang selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Presiden Jokowi sendiri telah menginstruksikan jajaran kabinetnya untuk mengimplementasikan Bantuan sosial serta jaring pengaman sosial pada pekan ini. Menurut Presiden, masyarakat saat ini sudah sangat membutuhkan bantuan tersebut.

Baik yang berkaitan dengan kartu pra-kerja, baik yang berkaitan dengan PKH (Program Keluarga Harapan) baik yang berkaitan dengan bantuan sosial langsung, baik berkaitan dengan kartu sembako, baik yang berkaitan dengan pembagian sembako di Jabodetabek, semuanya harus jalan minggu ini, kata Presiden dalam Rapat Terbatas, Senin, (13/4/2020). (*)

TerPopuler