Kabar Baru Penerimaan Polri, Khusus Bintara Bidan dan Perawat Seleksinya Dipercepat

Kabar Baru Penerimaan Polri, Khusus Bintara Bidan dan Perawat Seleksinya Dipercepat

Jumat, 03 April 2020, 18:00
Gedung Mapolda Sumbar.

Padang, Rakyatterkini - Kabar gembira bagi calon anggota Polri pada Penerimaan Polri Terpadu T.A 2020, pasalnya khusus untuk seleksi penerimaan Bintara Perawat dan Bidan akan dipercepat.

“Iya benar, untuk seleksi Bintara Kompetensi Khusus Perawat dan Bidan akan dimulai duluan, "kata Karo SDM Polda Sumbar Kombes Pol Hendra Wirawan, S.Ik, melalui Kabag Dalpers Rosdm AKBP Ahmad Basahil, S.Ik, Kamis (2/4).

AKBP Ahmad Basahil menjelaskan jadwalnya, dimana pada 7 April ini para peserta Bintara Perawat dan Bidan akan melakukan verifikasi, pengukuran tinggi dan berat badan di Polda Sumbar maupun di Polres masing-masing.

Dan kemudian, keesokan harinya pada 8 April peserta akan dilakukan Pakta Integritas dan Pengambilan Sumpah di Polda Sumbar.

“Baru tanggal 9 April dilakukan pemeriksaan administrasi awal (Rikmin) di Polda Sumbar. Hari itu juga akan diumumkan hasilnya”, terangnya.

Kabag Dalpers melanjutkan, peserta yang Memenuhi Syarat (MS) akan melanjutkan seleksi pada hari Senin 13 April yakni TKK (Tes Kompetensi Khusus) Pengetahuan dan hasilnya juga dikeluarkan pada hari itu juga. Kemudian pada esok harinya (14 dan 15), akan dilanjutkan TKK Aspek Perilaku dan Keterampilan.

Bagi yang MS, pada tanggal 16 dan 17 April dilanjutkan dengan Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) tahap I.

“Untuk tes Rikkes, kita akan memberikan jarak antara masing-masing peserta. Ini untuk salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Untuk pelaksanaan tes Kesemaptaan Jasmani, mantan Kapolres Solok Selatan mengatakan akan dilakukan pada Sabtu dan Minggu (18 dan 19 April).

Kembali lagi, bagi yang MS pada Senin 20 April peserta akan melakukan ujian Psikologi tertulis dan diumumkan hasilnya pada hari itu juga.

Selanjutnya, peserta yang MS akan mengikuti Sidang Terbuka untuk menuju Rikkes tahap II pada hari Rabu 22 April. Kemudian, pada 21 April dilakukan Rikkes tahap II.

“Untuk pengumuman Rikkes tahap II ini, akan diumumkan pada hari Sabtu 25 April 2020”, ucap AKBP Ahmad Basahil.

Bagi yang MS, peserta akan melanjutkan tes Penelusuran Mental dan Kepribadian (PMK) dan Psikologi pada tanggal 28 April. “Pengumuman hasilnya akan dilakukan hari tersebut”, jelasnya.

Kemudian, keesokan harinya pada 29 April akan dilakukan Pemeriksaan Administrasi Terakhir (Rikmin Akhir). Dan pengumuman kelulusan akan berlangsung pada hari Kamis 30 April.

“Sebelum pengumuman, akan dilakukan Sidang Kelulusan akhir dengan diikuti oleh peserta dan orang tua maupun wali dari peserta”, tambahnya.

Kabag Dalpers menegaskan, saat seleksi berlangsung nanti pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan (suhu tubuh) dan menyediakan hand sanitizer kepada peserta.

“Dan saat seleksi, peserta juga akan diperiksa suhu tubuh dan dilakukan pencucian tangan menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan. Ini untuk antisipasi dan mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (RF)

TerPopuler