Cegah Corona, Pemdes Kranggan Polanharjo Klaten Siapkan Ruang Isolasi -->

Cegah Corona, Pemdes Kranggan Polanharjo Klaten Siapkan Ruang Isolasi

Rabu, 08 April 2020, 22:25
Lokasi yang disiapkan untuk isolasi warga. (foto istimewa)

Klaten, Rakyatterkini - Pemerintah Desa (Pemdes) Kranggan, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten telah menyiapkan sejumlah langkah pencegahan penyebaran virus corona. 

Salah satunya dengan menyiapkan 4 lokasi sebagai tempat isolasi bagi warga desa yang baru kembali dari perantauan.

Kepala Desa Kranggan Gunawan mengatakan, lokasi yang disiapkan yaitu, Gedung SDN 1 Kranggan, Gedung Sekolah MI Kranggan, Gedung Olahraga Desa Kranggan dan Gedung MTA Desa Kranggan.

Gunawan mengatakan, total warga Desa Kranggan ada sekitar 3.300 orang sementara yang berada di perantauan ada sekitar 256 orang.

"Kita (pemerintah desa) sudah membuat surat imbauan lewat  medsos agar warga yang berada di perantauan tidak pulang kampung," kata Gunawan, Senin (6/4) siang.

Ia menambahkan, ‎jika warga di perantauan tetap ingin mudik, pihak pemerintah desa sudah membuat langkah antisipasi dengan membuat tempat untuk isolasi di 4 titik.

"Ruang isolasi sudah kami lakukan sterilisasi. Jika ada pemudik yang tiba maka langsung tinggal di ruang isolasi," katanya.

Ia menambahkan, kaitan dengan konsumsi akan ditanggung secara swadaya oleh warga yang bersangkutan hanya tinggalnya saja di tempat isolasi.

‎Menurut Gunawan,  jumlah ODP (orang dalam pemantauan) sejak tanggal (24/3) lalu hingga sekarang (6/4) sudah ada sekitar19 orang.

"Mereka melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing dan terus dipantau oleh tim gugus tugas Covid-19 divisi pengawasan yang ada hingga tingkat RW," jelasnya.

‎Gunawan menjelaskan, pemerintah desa sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp40 juta untuk tahap pertama yang digunakan untuk membeli sprayer, obat-obatan dan APD (alat pelindung diri).

‎"Untuk tahap dua di perubahan sudah direncanakan untuk pembelian sembako bagi masyarakat. Hal tersebut untuk mengantisipasi jika terjadi lockdown," pungkasnya. (cahyo)

TerPopuler