Camat Sutera: Anggota Kelompok Tani Tidak Ada Lagi yang Fiktif -->

Camat Sutera: Anggota Kelompok Tani Tidak Ada Lagi yang Fiktif

Rabu, 01 April 2020, 16:51
Anggota kelompok tani panen padi. (foto ist)

Painan, Rakyatterkini - Anggota kelompok tani di Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat diduga tidak fiktif lagi. Bantuan yang digelontarkan pemerintah selama ini sudah dapat dimanfaatkan oleh para petani, tidak dinikmati oleh segelintir oknum.

Camat Sutera, Fachruddin dan beberapa walinagari di Kecamatan Sutera, mengatakan kepada sejumlah wartawan di Painan.

"Saya sudah mengetahui anggota kelompok tani dan gapoktan itu sudah benar-benar petani yang aktif, saya cuma menyarankan jangan orang yang bukan petani atau nama anggota ini difiktifkan. Saya juga banyak mendapatkan informasi, dari segelintir anggota Poktan berarti itu tidak benar, dan saya berharap bantuan pemerintah itu yang seharusnya diterima benar benar petani,” katanya.

Menurutnya di kecamatan, program sangat banyak seperti cetak sawah, dapat bantuan mesin bajak sawah, mesin giling padi, mesin untuk pamanen padi dan lainnya.kami sudahnya mengetahui di Kecamatan.

Dimana pemerintah daerah menganjurkan membangunkan irigasi dan mempergunakan mesin tersebut sudah membantu masyarakat bukan untuk kelompok dan segelintir oknum saja lagi, sekarang petani bisa membajak sawah dan upah yang rendah, sehingga sudah cepat memproses hasil pertanian.

Dari 219 kelompok tani dan puluhan gapotan, kelompok tani yang ada di Nagari Sutera ini, sekarang sudah tidak fiktif lagi, lainnya sudah diikutsertakan dalam program bantuan dari pemerintah.

Berharapan wali nagari juga menjalankan fungsi pengawasan dan pembinaan, kepada kelompok kelompok yang ada di nagarinya sudah terlaksana sebaik mungkin dan tidak ada lagi yang fiktif. (baron)

TerPopuler