Bekerjasama dengan LKKS, Pekan Depan Nevi Zuairina Bagikan Ribuan Paket Sembako -->

Bekerjasama dengan LKKS, Pekan Depan Nevi Zuairina Bagikan Ribuan Paket Sembako

Jumat, 10 April 2020, 21:15
Nevi Zuairina siap mengantarkan paket sembako ke daerah. (foto ist)

Pasaman, Rakyatterkini - Disela kesibukanya sebagai anggota dewan, namun anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Sumatera Barat II, Hj. Nevi Zuairina, hingga sekarang masih tetap bergerak di daerah pemilihannya.

Demi mengurangi beban ekonomi bagi masyarakat yang terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid19), Ny. Nevi Zuairina berupaya menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga sosial untuk menghimpun ribuan paket sembako untuk masyarakat.

Nevi Zuarina mengatakan saat ini ia lebih sering di daerah daripada di Jakarta, sehingga kendala tempat, jarak dan waktu tidak lagi menjadi kendala bertemu masyarakat. Rapat kerja lebih sering dari dari jauh dengan metode teleconference, sudah menjadi tugas anggota DPR untuk tetap memberi kontribusi kepada masyarakat di masing-masing daerah pemilihan guna mengurangi dampak covid-19"

Anggota DPR RI komisi VI yang dikenal sangat consert terhadap UMKM ini juga mengatakan, aaat ini ia bersama LKKS (Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosia) Sumatera Barat, sedang menyusun tahapan-tahapan pembagian paket sembako ke rumah-rumah warga.

Rencananya setiap tahap yang berdurasi satu pekan akan mendistribusikan 1.000 paket, dimana setiap paketnya terdiri dari beras sebanyak 5 kilogram, gula pasir, minyak goreng, dan mie instan, terangnya saat dikonfirmasi melalui handphone, Jumat (10/4/2020).

Nevi Zuairina juga mengatakan paket sembako yang segera disalurkan, bukan hanya dari anggaran pribadinya saja, tapi banyak pihak, baik lembaga maupun individu, termasuk pemda dan para dermawan dari perantau Minang juga turut berkontribusi.

Ia mengaku terharu melihat semua orang mau untuk saling bahu-membahu memberikan apa yang bisa diberikan kepada masyarakat untuk mengurangi dampak wabah ini.

"Alhamdulillah di saat wabah melanda, masih banyak yang tergerak hatinya memberikan bantuan. Terimakasih kita ucapkan kepada para dermawan baik dari lembaga maupun pribadi yang menyalurkan bantuannya melalui LKKS Sumbar. Saya dapat memastikan, bantuan dari darmawan ini akan sampai kepada yang membutuhkan," ungkapnya.

Dia mengatakan pandemi Covid-19 ini telah membawa dampak ekonomi terhadap masyarakat Indonesia,  khususnya Sumatera Barat, sungguh berat beban yang harus ditanggung mereka saat ini.

Banyak warga yang sebelumnya belum tergolong miskin, namun sekarang jatuh ke dalam kelompok miskin, PHK terjadi dimana-mana dan telah menjadi fenomena yang tak terbendung, ungkapnya lirih.

Ia mengajak semuan lapisan agar memberikan perhatian lebih secara bersama kepada mereka yang terdampak, selain itu Nevi juga mengingatkan agar Dinas terkait untuk, mempercepat dan memperkuat verifikasi serta validasi pendataannya.

Nevi Zuarina yang juga istri Gubernur Sumatera Barat Irawan Prayitno ini berkeyakinan, akibat Covid-19 ini semakin banyak muncul keluarga kurang mampu. Oleh sebab itu banyak data baru untuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang harus dimasukkan dan diverifikasi, terutama oleh dinas sosial baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota, terangnya.

Wakil rakyat dari Partai PKS ini menilai bahwa sebaiknya data yang didapat dari lurah, atau Walinagari harus langsung diverifikasi dan divalidasi agar pemberian bantuan tepat sasaran, dan tidak tumpang tindih.

"Saya akan terus berusaha dan mengupayakan sebisa mungkin memberikan paket sembako setelah beberapa pekan lalu kami juga telah membagi sanitizer, saya menyadari yang sangat dibutuhkan sekarang adalah sembako,  seiring dampak pembatasan-pembatasan aktivitas hingga berpengaruh pada ekonomi keluarga. Pekan ini kami akan membagikan 1.000 paket sembako, pekan depan rencananya 1.000 paket lagi", tutup Nevi Zuairina. (St. M) 

TerPopuler