Atasi Virus Corona, Biddokkes Polda Sumbar Gelar Donor Darah -->

Atasi Virus Corona, Biddokkes Polda Sumbar Gelar Donor Darah

Kamis, 02 April 2020, 20:45
Personil Polda Sumbar mendonorkan darahnya disaksikan Kabid Dokkes, Kombes dr. Sucipto. (foto ist)

Padang, Rakyatterkini - Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Sumbar bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Padang menggelar donor darah. Kegiatan ini diikuti personel kepolisian di Mapolda, Kamis (2/4).

Donor darah yang diambil dilaksanakan secara sukarela, yang nantinya akan disimpan di PMI sebagai stok darah, dalam antisipasi virus Covid-19.

Dalam kondisi pandemi Covid-19 Polda terus berupaya untuk melakukan hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat, salah satu cara yang kami pilih adalah dengan aksi donor darah, "ujar Kabid Dokkes Polda Sumbar, Kombes Pol. dr. Sucipto.

Dikatakan, donor darah ini dalam rangka mengantisipasi meluasnya Virus Corona, agar pasien-pasien yang dirawat di rumah sakit dapat terbantu.

Selain itu, dengan adanya kegiatan bakti sosial ini, setidaknya dapat membantu PMI Cabang Padang dalam ketersediaaan darah yang sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat.

Peserta yang mendaftar sebanyak 76 orang, tapi setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan yang memenuhi syarat hanya 64 orang, terdiri dari golongan darah A, 20 orang, golongan darah B, 15 orang, golongan darah O, 24 orang dan golongan darah AB 4 orang.

Manfaat yang dapat diperoleh dari donor darah ini adalah meningkatkan produksi sel darah merah. Hal ini karena saat melakukan donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang.

Dengan rutin melakukan donor darah, maka tubuh akan terpicu untuk melakukan pembentukan darah baru yang segar. Melalui sirkulasi sel darah yang rutin tentunya akan membantu tubuh meningkatkan kekebalan dari berbagai serangan virus termasuk virus Corona.

Sebelumnya, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla mengimbau, meskipun ada wabah Covid-19, warga tetap bisa mendonorkan darahnya.

Penyakit lainnya, seperti demam berdarah, thalasemia atau juga kebutuhan transfusi darah lainnya, tetap juga kita butuhkan.

"Perlu kami tegaskan, bahwa donor darah itu, tidak ada hubungannya dengan virus Corona," kata JK dalam keterangannya, Rabu (18/3/2020).

Karena itulah dalam kondisi seperti ini, tetap mengharapkan kepada para relawan donor darah yang selama ini telah memberikan amal yang luar biasa kepada masyarakat, tetap melaksanakan donor darah pada waktunya, sehingga dapat membantu warga yang membutuhkan. (gp)

TerPopuler