20 Unit RTLH Dapat Bantuan Rehap dari Pemerintah Pusat -->

20 Unit RTLH Dapat Bantuan Rehap dari Pemerintah Pusat

Rabu, 08 April 2020, 22:10
Fachruddin SH, Camat Sutera. (foto ist)

Painan, Rakyattetkini - 20 unit Rumah Tak Layak Huni (RTLH) di Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan, Sumatera Barat mendapat bantuan rehap.

Bantuan itu dari Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan. 20 rumah RTLH itu diperbaiki, supaya menjadi Rumah Layak Huni (RLH), Rabu (8/4/2020).

Data 20 unit Rumah Yang Tak Layak Huni itu, sebelumnya sudah dilakukan survey dan diverifikasi oleh pihak kabupaten, ujar Kepala Dinas Perkimtan Pessel, Muhkridal, beberapa waktu lalu.

Dikatakan, bantuan untuk rehap Rumah Tak Layak Huni, diberikan bukan dalam bentuk uang tunai.

Meskipun bukan bentuk uang, namun yang melakukan rehapan itu dibantu pihak nagari untuk mengantisipasi ketiadaan bahan baku yang akan dibeli oleh penerima bantuan.

Belajar dari bantuan sebelumnya, masih ada beberapa unit rumah yang hingga sekarang belum bisa menyelesaikan rehap rumah, dengan alasan kesulitan bahan baku.

Tapi jika diserahkan sepenuhnya dengan pihak ketiga, untuk memenuhi bahan baku kayu, dipastikan bisa mencarinya. Pihak ketiga dipastikan menggunakan kayu yang resmi.

20 unit RTLH tersebut terdapat di Ampiang Parak (tiga unit), Surantih (delapan unit), Rawang Gunung Malelo (delapan unit) dan Aur Duri (satu unit).

Program tersebut sangat membantu masyarakat untuk memperbaiki rumah yang tak layak huni. Tetapi, bantuan itu adalah untuk masyarakat yang betul-betul tidak mampu secara financial, atau masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Sementara itu, Camat Sutera, Fachruddin dan pemerintahan nagari berterima kasih banyak kepada pemerintahan pusat dan kabupaten. (baron)

TerPopuler