Wujudkan Wisata Batang Arau, DKP Sumbar akan Bersihkan Aliran Sungai -->

Wujudkan Wisata Batang Arau, DKP Sumbar akan Bersihkan Aliran Sungai

Selasa, 17 Maret 2020, 22:04
Pemandangan batang arau. (foto ist)

Padang, Rakyatterkini - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar akan membersihkan aliran sungai Batang Arau dari sampah rumah tangga, an organik (plastik) dan lainnya.

Bakti sosial dan gotong royong bersama itu dilakukan untuk mengedukasi warga agar tidak membuang sampah ke sungai, terutama sampah plastik atau kaleng-kalengan.

"Rencananya bersih-bersih sungai dan Kawasan Batang Arau itu kita gelar Sabtu besok, namun untuk antisipasi virus corona, terpaksa kita undur, "ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Ir. Yosmeri, kepada Rakyatterkini.com, kemarin.

Dikatakan, kegiatan bersih-bersih sungai itu akan dilakukan di sepanjang Batang Arau, mulai dari Jembatan Siti Nurbaya sampai ke jembatan Seberang Padang.

Selain membersihkan sampah, pihaknya juga akan memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama yang tinggal pinggir sungai, agar tidak lagi membuang sampah ke aliran sungai.

Budaya buang sampah sembarangan ini harus diubah, karena akan merusak lingkungan dan ekosistem laut, sebab sampah plastik tersebut akan membunuh terumbu karang.

Laut adalah sumber kehidupan semua masyarakat, bukan hanya bagi masyarakat pesisir semata. Mencemari laut sama saja dengan merusak masa depan masyarakat.

Jika kepedulian terhadap kebersihan sungai tidak ditegakkan, maka akan berpengaruh pada hasil tangkapan nelayan, sebab ikan susah untuk didapati.

"Kini hasil pukek nelayan, lebih banyak mendapatkan sampah dari pada ikan, "ujar Yosmeri.

Kondisi itu juga diperparah oleh kapal yang sandar juga membuang sampah dan limbah ke Batang Arau.(hms-sumbar) 

TerPopuler