Waspada Penyebaran Covid 19, ASN Jalankan Tugas Kedinasan di Rumah

Waspada Penyebaran Covid 19, ASN Jalankan Tugas Kedinasan di Rumah

Kamis, 19 Maret 2020, 08:00
Surat edaran.

Raja Ampat, Rakyatterkini - Antisipasi pencegahan penyebaran Virus Corona disease 2019 (Covid 19) Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Raja Ampat mengeluarkan surat edaran ASN menjalankan tugas kedinasan dengan bekerja di rumah.

Surat edaran, terhitung dari 19 Maret sampai 03 April 2020 dan masuk pada Senin 06 April 2020 mendatang. ASN yang bertugas hanya di Puskesmas dan Rumah Sakit.

Kebijakan diumumkan melalui Surat Edaran (SE) Nomor: 440/091/Setda Tentang Tindak Lanjut Pencegahan Penyebaran Corona Virus Dsease 2020 (Covid 19) di Kabupaten Raja Ampat.

Sementara, pimpinan OPD yang melakukan pelayanan publik seperti Dinas Kesehatan, Dukcapil, Dinas PTSP, BP2RD, Satpol PP dan BPBD agar mengatur secara bergilir stafnya guna pelayanan kepada publik tetap berjalan sebagaimana mestinya.

“ASN yang sedang melaksanakan tugas kedinasannya di rumah harus berada di tempat tugasnya masing-masing kecuali dalam keadaan mendesak seperti kebutuhan ekonomi (makan) dan kebutuhan mendesak lainnya,” terang Sekda Raja Ampat, Yusup Salim, Rabu (18/3/2020).

Selain itu kabijakan ini dalam rangka menjaga dan melindungi masyarakat Raja Ampat serta memperhatikan perkembangan kasus covid 19, sehingga pemerintah Raja Ampat mengambil langkah menerbitkan surat edaran tersebut sesuai intruksi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Surat edaran tersebut ditujukan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) sekaligus menginstruksikan ASN untuk menjalankan tugas kedinasan dengan bekerja dari rumah dan tetap melaksanakan kordinasi secara berjenjang sesuai tupoksi di OPD masing-masing," ucapnya.

Seluruh sekolah TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SLTA/MA dan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Kabupaten Raja Ampat untuk meliburkan siswa/i serta mahasiswanya dan mengganti dengan kegiatan belajar di rumah mulai tanggal 19 Maret s/d 03 April. terkecuali siswa yang sedang mengikuti ujian.

Lanjutnya, masyarakat juga dihimbau untuk menghindari tempat tempat umum, pusat keramaian, ruang publik bila tidak ada kepentingan mendesak dan tidak melakukan perjalanan ke daerah.

Kepada masyarakat dihimbau agar tidak panik, namun tetap meningkatakan kewaspadaan dan juga menjaga kesehatan dengan membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yaitu dengan mencuci tangan dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan makan makanan yang bergizi, terangnya.

"Apabila terdapat masyarakat yang mengalami gejala mirip covid 19 segera dibawa ke Rumah Sakit Umum Raja Ampat atau dapat menghubungi Satgas Penanggulangan Corona," pinta Setda dalam surat edarannya. (Ijal)

TerPopuler