Urus SLO dan SLB, Nelayan Diwajibkan Cuci Tangan -->

Urus SLO dan SLB, Nelayan Diwajibkan Cuci Tangan

Jumat, 20 Maret 2020, 11:38
Nelayan setelah pulang melaut. (foto net)

Padang, Rakyatterkini - Mengantisipasi virus corona, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar mewajibkan pada nelayan dan pemilik kapal untuk mencuci tangan setiap melakukan aktivitas, agar terhindar dari virus yang berbahaya itu.

Begitu juga saat mengurus Surat Laik Operasional (SLO) dan Surat Layak Berlayar (SLB), diwajibkan mencuci tangan sebelum masuk ke pelabuhan. Ini bertujuan untuk mengantispasi serta tidak terkontaminasi dengan petugas.

'Ya, kita mewajibkan pada nelayan dan pemilik kapal untuk membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun, "ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Ir. Yosmeri, Kamis (19/3/2020).

Surat laik operasional dan surat layak berlayar itu wajib dimiliki oleh pemilik kapal, agar selama berlayar atau mencari ikan dapat dipantau oleh petugas.

Pada saat mengurus surat tersebut, petugas akan menyosialisasikan bahaya corona dan diminta nelaya untuk mengantisipasinya.

Dikatakan, pada prinsipnya ini cuci tangan itu juga melatih nelayan untuk membiasakan bersih-bersih. "Untuk itu kita himbau agar tingkatan kebersihan dengan biasakan cuci tangan, "ujar Yosmeri.

Tidak itu saja, setelah berlayar atau pulang dari laut, upayakan untuk tidak berkumpul seperti yang dilakukan sebelumnya, agar terhindar dari virus corona. (hms-sumbar)


TerPopuler