TNI, Polri dan Pemprov Sumbar Siap Menangani Covid 19 -->

TNI, Polri dan Pemprov Sumbar Siap Menangani Covid 19

Rabu, 18 Maret 2020, 20:17
Rapat persiapan penanganan Covid 19 di Mapolda Sumbar. (foto ist)

Padang, Rakyatterkini - Tim Satgas penanganan Covid 19 bersama TNI, Polri dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat siap melakukan penanganan virus yang mematikan itu.

Namun, untuk membantu penanganan, masing-masing rumah sakit, sangat kekurangan peralatan, apabila korban yang terjangkit bertambah karena peralatan yang sangat terbatas.

Itu terungkap dalam rapat kunjungan Tim Satgas penanganan Covid 19, yang dipimpin Wakapolda Sumbar, Brigjen Pold Rudy Sumardiyanto, Rabu (18/3) di Mapolda Sumbar.

Rapat tersebut dihadiri, staf kepresidenan, Mayjen TNI Purn. Winston, Kol Edy Nurhabah, Kasrem 032 Wirabraja, Kolonel Marinir FJH Farosi, Wadanlantamal II Padang, Letkol Yurizal, Dandenkesyah Padang, Letkol dr Syahrial, SpB, Karumkit RST dr. Reksodiwiryo, Letkol Zulfitri, Kadiskes Lantamal II, Letkol PnB Efrizal, Kadispers Lanud Sutan Sjahrir dan Kadis Kesehatan Sumbar, diwakili, Safwan, Kabid Kesras Denkes.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Satake Bayu mengatakan rapat tersebut untuk mengecek kesiapan TNI, Polri dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam penanganan Covid 19.

Rapat tersebut, juga dihadiri Kombes dr Sucipto, Kabiddokkes Polda Sumbar dan Kompol dr Andre S.Pp, Karumkit Bhayangkara Padang

"Dalam rapat tersebut TNI, Polri dan Pemprov Sumbar menyatakan sangat siap untuk penanganan Covid -19 di Sumbar," ungkap Satake Bayu.

Satake Bayu, alumni Akpol angkatan 1992 ini menyebutkan, untuk membantu penanganan virus tersebut masing-masing rumah sakit (Rumkit) sangat kekurangan peralatan kesehatan.

"Ini tentu harus dicarikan solusinya apabila korban yang terjangkit bertambah karena peralatan yang sangat terbatas. Tapi, pada dasarnya semua siap," sebut Satake.

Menurut Satake, salah satu kesiapan Polri dalam penangan Covid-19 ini adalah sedang mempersiapkan ruang isolasi di Rumah Sakit Bhayangkara, Padang.

"Ada dua kamar yang sedang disiapkan, sekarang sedang dilakukan renovasi, mudah-mudahan segera bisa digunakan. Selain itu juga disiapkan alat pelindung diri," ungkap Satake.

Ia mengakhiri, selain itu juga telah dilakukan penyemprotan disinpektan untuk pencegahan penyebaran virus Covid -19 di Mapolda Sumbar, serta Markas Komando (Mako) yang berada di luar Mapolda.

"Namun, kita tetap mengimbau para persone Polri selalu membudayakan hidup sehat, hidup bersih, dengj rajin cuci tangan, serta mengonsumsi asup bergizi, sehingga terhindar dari penyakit," ulas Satake.(gp)

TerPopuler