Tim Satgas Kreatif Ajarkan Pembuatan Pupuk Organik

Tim Satgas Kreatif Ajarkan Pembuatan Pupuk Organik

Sabtu, 21 Maret 2020, 19:34
Ajarkan buat pupuk organik.

Kudus, Rakyatterkini - Puluhan petani di Desa Kedungsari, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, tampak antusias ketika tim kreatif Satgas TMMD reguler ke-107 Kodim 0722/Kudus mengajarkan pembuatan pupuk organik di halaman rumah Saidun Rt.02 Rw.8 Dukuh Talun.

Selama ini petani menggunakan pupuk non organik untuk menyuburkan berbagai jenis tanaman, padahal pupuk organik tidak menghabiskan uang banyak untuk pembuatannya, bahkan bahan baku ada di sekitar kebun, Sabtu (21/3/2020).

Tim Kreatif Satgas TMMD 107 Kodim 0722/Kudus mengajarkan bagaimana pembuatan pupuk organik dari bahan baku berbagai tanaman yang ada di lingkungan tempat tinggal, seperti kulit semangka, pinang, nenas, kacang panjang, jagung dan lain-lain.

Pembuatannya juga cukup sederhana, tinggal kemauan dari petani saja untuk menggunakan pupuk organic atau pupuk non organik.

 “Petani Desa Kedungsari mendapat pelajaran baru tentang pembuatan pupuk organik, hal ini akan coba kita terapkan di desa kami, soalnya dengan pupuk organik kualitas menu makanan kita bisa terjaga,  apalagi pupuk organik bisa bernilai ekonomis dan menguntungkan bagi petani,”kata Toni Kepala Dusun Talun.

Di samping itu Kapten Inf Bambang Sunarto kordinator tim pembuat pupuk berharap, agar kegiatan ini tidak hanya sebatas pelatihan saja akan tetapi warga bisa membuat, memakai serta  beralih kepupuk organik. (Pendim 0722/Kudus)

TerPopuler