Sekum HMI Kom Eksakta, Pemerintah Harus Melihat Sikon Dalam Kebijakan Penanganan Covid-19 -->

Sekum HMI Kom Eksakta, Pemerintah Harus Melihat Sikon Dalam Kebijakan Penanganan Covid-19

Senin, 30 Maret 2020, 21:23
M. Rifai Umasugi.

Ternate, Rakyatterkini.com - Ancaman covid-19 bukan hanya pada kesehatan, tapi juga pada perputaran ekonomi yang dapat menurunkan pendapatan daerah hingga pendapat masyarakat akibat terhentinya aktivitas, Senin (30/3/2020).

Sekertaris Umum (Sekum) HMI Komisariat Eksakta UMMU Ternate, M. Rifai Umasugi mengatakan, pemerintah harus betul-betul jeli dalam melihat situasi dan kondisi agar kebijakan yang diambil dalam melakukan penanganan dapat sesuai yang diharapkan.

Bahkan jika diwajibkan untuk lockdown, maka pemerintah juga harus mempertimbangkan situasi agar dapat menanggulangi dampak yang nantinya terjadi ketika kebijakan lockdown itu di pilih sebagai solusi pencegahan. Contohnya mempertimbangkan perekonomian dan kebutuhan dari masyarakat, tutur Rifai.

Jika dilihat sesuai instruksi pemerintah pusat bahwasanya untuk mencegah penyebaran covid-19  aktifitas masyarakat berkerumunan harus segera di hentikan, bahkan hingga kebijakan untuk meliburkan semua aktifitas pendidikan.

Ini harus dapat diminimalisir untuk kesiapan penanganan sebagai jaminan keseimbanhan sisi ekonomi dan pendidikan, ucap Rifai.

Sementara selama berdiam di rumah, masyarakat juga membutuhkan makanan, air, bahkan hingga listrik dan semuanya pasti membutuhkan biaya hidup sehari-hari. Sehingga patut kiranya pemerintah sebelum mengambil kebijakan, harus juga betul-betul dapat mempertimbang situasi dan kondisi yang akan terjadi, agar kebijakan yang di keluarkan tidak menjadi masalah bagi masyarakat dan pengaruh keburukan stabilitas daerah yang berlebihan. (ahmad)

TerPopuler