Satgas TMMD Reg ke-107 Sambangi Pembuatan Ornamen Stil Bali di Kedungsari

Satgas TMMD Reg ke-107 Sambangi Pembuatan Ornamen Stil Bali di Kedungsari

Kamis, 26 Maret 2020, 17:15
Buat aksesoris.

Kudus, Rakyatterkini – Di lokasi pelaksanaan TMMD Reguler Ke 107 Kodim 0722/Kudus ada sisi yang menarik perhatian, yakni adanya produksi asesoris ornamen still Bali milik Bapak Ramdani, salah satu warga Desa Kedungsari, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus.

Ini membuat Serda Sudarno salah satu satgas TMMD ingin menguak lebih dalam tentang bagaimana cara membuat ornamen ukir Bali, Kamis (26/3/2020)

Produk asesoris yang dibuat di desa sasaran TMMD ini berciri khas ornamen Bali. Hasil produksi nantinya akan dikirim ke Bali, bahkan produk asli anak-anak Kedungsari ini sampai ke mancanegara.

Yanto (34), salah satu pengukir mengaku, keahliannya ia dapatkan saat masih lajang dengan ikut bekerja salah satu pengukir asli Bali, sehingga ia faham betul struktur ornamen ukir khas pulau dewata ini.

"Masyarakat Bali sendiri sangat identik akan unsur budaya. Salah satunya yang dikenal masyarakat adalah seni ukiran. Saya belajar lama disana, sehingga saya faham bagaimana cara membuat ornamen ukiran Bali. Setelah saya kembali ke Kudus, saya di ajak pak Hamdani untuk ikut bekerja membuat asesoris ornamen bali. Jadi saya kembangkan disini," ungkapnya. (Pendimkudus)

TerPopuler