Penanganan Covid 19, Pemkab Pessel Alokasikan Anggaran Rp2,6 M

Penanganan Covid 19, Pemkab Pessel Alokasikan Anggaran Rp2,6 M

Kamis, 26 Maret 2020, 18:17
Bupati pasangkan masker pada anak-anak. (foto ist)

Painan, Rakyatterkini - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, mengalokasikan dana penanganan covid-19 sebesar Rp2,6 miliar. Anggaran tersebut bakal dimanfaatkan untuk pembelian sejumlah alat kesehatan dan operasional sejumlah petugas yang berjaga di posko tertentu.

Kabag Humas dan Protokuler Setdakab Pessel, Rinaldi menyebutkan, anggaran yang digelontorkan tersebut bersumber dari dana aloaksi umum (DAU), dana insentif daerah (DID) dan dana alokasi khusus (DAK) non fisik.

Upaya ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam pencegahan wabah virus corona di Kabupaten Pesisir Selatan, ujarnya pada wartawan dipainan, Kamis (26/3).

Bahkan, kata dia, pemerintah setempat juga menyiapkan wisma atlet GOR Ilyas Yakub, Rawang Painan, Kecamatan IV Jurai, sebagai ruang isolasi bagi warga yang nantinya terjangkit virus corona.

Mulai besok, Jumat (27/3/2020), aparatur sipil negara (ASN) yang sedang hamil atau menderita sakit menahun diminta untuk bekerja dari rumah saja. Hal ini sesuai instruksi Bupati Hendrajoni," ucapnya lagi.

Ia juga menyampaikan update data penanganan penyebaran covid-19, di Kabupaten Pesisir Selatan, hingga pukul 15.00 WIB, Kamis 26 Maret 2020 sebagai berikut, orang dengan status notifikasi sebanyak 171 orang. Orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 13  orang. Pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 3 orang.

Sebelumnya, upaya Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam mencegah penyebaran virus corona dengan cara membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19. Sejumlah petugas sejak kemarin terpantau sudah berjaga di posko masing-masing. (baron)

TerPopuler