Pemko Padang Anggarkan Rp4 Miliar Antisipasi Penyebaran Covid-19 -->

Pemko Padang Anggarkan Rp4 Miliar Antisipasi Penyebaran Covid-19

Selasa, 17 Maret 2020, 20:30
Walikota Mahyeldi pimpin rapat evaluasi penanganan covid-19. (foto ist)

Padang, Rakyatterkini - Mengatasi penyebaran virus Covid-19, Pemerintah Kota Padang mengucurkan anggaran Rp4 miliar untuk pembelian disinfektan, hand sanitizer, perlengkapan medis.

Wali Kota Padang, Mahyeldi saat memimpin rapat evaluasi penanganan virus Corona bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Padang, Selasa (17/3/2020).

Turut hadir, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Edi Hasymi, Asisten Ekonomi Pembangunan Hermen Peri, Asisten Administrasi Umum Didi Aryadi, Perwakilan RSUP M. Jamil Padang, Satgas IDI penanganan Covid-19 dan beberapa pimpinan OPD Pemerintah Kota Padang.

Mahyeldi menjelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 20 Tahun 2020 tentang percepatan penanganan Covid-19, menyatakan dalam melakukan antisipasi dan penanganan penularan Virus Corona, pemerintah dapat melakukan pengeluaran yang belum tersedia anggarannya, yang selanjutnya diusulkan dalam rancangan Perubahan APBD.

"Untuk saat ini kita anggarkan Rp4 miliar. Jika itu tidak cukup kita akan tambah lagi. Pemerintah tidak itung-itungan karena menyangkut nyawa orang banyak, kapan perlu kita lakukan penggalangan dana," ujarnya.

Lebih lanjut kata Mahyeldi, Pemerintah Kota Padang juga akan melakukan pendataan sekolah-sekolah yang tidak memiliki air bersih. Jika sudah terdata, Pemerintah melalui Perumda Air Minum Kota Padang akan menyediakan air bersih bagi sekolah-sekolah yang tidak memiliki air bersih tersebut.

Dinas pendidikan, agar segera melakukan pendataan supaya penyediaan air bersih dapat dilakukan. Kita harus sigap dan tegas dalam mengatasi wabah penyebaran virus Corona ini. Dan kepada seluruh pihak yang terkait mari bersama-sama kita membantu menangani masalah Covid-19 ini.

Sementara itu dikesempatan yang sama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Barlius mengatakan, untuk mengatasi penyebaran Covid-19 ini pihaknya telah membentuk posko relawan antisipasi dan penanganan Covid-19 di KM7 Jalan By Pass.

Ia menambahkan, pada Kamis (19/3) depan, pihaknya bersama dinas terkait akan melakukan penyemprotan besar-besaran cairan Disinfectan ditempat fasilitas umum seperti terminal, sekolah dan rumah-rumah Ibadah di Kota Padang. (gp)

TerPopuler