Mengatasi Corona, Pegawai Balitbang Kota Solok Buat Sanitizer -->

Mengatasi Corona, Pegawai Balitbang Kota Solok Buat Sanitizer

Jumat, 20 Maret 2020, 21:13
Pegawai Balitbang buat sanitizer.

Solok, Rakyatterkini - Virus corona yang melanda dunia, membuat para pegawai Balitbang Kota Solok mencari inisiatif tersendiri untuk membuat sanitizer.

Bagaimana tidak, sanitizer yang instan seperti Antis, Nuvo, Dettol yang biasanya gampang dicari di minimarket atau di apotik-apotik terdekat sekarang menjadi barang yang sangat langka.

Jumat (20/3/20),  pegawai yang kesehariannya berkutik di penelitian dan kajian-kajian untuk pemerintah daerah Kota Solok, membuat inisiatif sendiri dengan mencari alkohol 70% 100ml di apotik yang ada di kota Solok dan membeli cologne baby, serta baby oil yang ada di minimarket.

Alkohol 70% 100ml tersebut dicampurkan dengan colognebaby sebayak 2,5cc, dan baby oil, 2,5cc. Sehingga campuran tersebut merata dan berubah menjadi wangi cologne baby, dan hasil dari campuran tersebut terbukti ampuh menjadi hand sanitizer yang murah meriah.

Hasil dari capuran tersebut dimasukkan ke dalam spray farfum bekas yg sudah steril, sehingga bisa digunakan setiap saat, untuk menangkal virus yang saat ini sedang menjadi perbicangan secara nasional dan internasional.

Inilah sanitizer yang dimasukan ke tempat spray farfum bekas setelah dibersihkan.

Kepala balitbang Kota Solok, Marwis, SE, MM, mengungkapkan sangat bangga dengan kreativitas pegawainya yang selalu aktif terhadap perkembangan isu yang terjadi saat ini.

"Kita harus waspada terhadap serangan virus corona (COVID 19) ini, untuk itu kita harus mengikuti arahan dan edaran yang disampaikan Walikota Solok. Saat ini kita tidak menggunakan fingerprint, dan mengurangi pertemuan dalam skala besar. Diharapkan ke depannya kita juga bisa menjaga diri (sosial distance) dengan mengurangi kotak fisik dengan orang,” ujarnya.

Sebelumnya Walikota Solok telah membentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19, pada Kamis (19/3/20), yang diketuai Penjabat Sekretaris Daerah Kota Solok, Drs. Nova Elfino dalam arahannya menyampaikan pada rapat koordinasi penanganan COVID-19.

Wali Kota Solok, Zul Elfian telah memberikan arahan terkait upaya-upaya yang harus dilakukan secara terintegrasi dalam penanganan COVID-19. Untuk itu perlu dibentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Pada kesempatan yang sama camat beserta jajaran sampai tingkat RT agar mengajak masyarakat untuk juga melakukan upaya-upaya mandiri dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Serta sama-sama menginformasikan dan memantau anggota keluarga yang baru datang dari luar kota Solok apalagi berasal dari daerah yang terpapar COVID-19, ujar Zul Elfian. (rel)

TerPopuler