Imbas Corona, Polres Klaten Beri Dispensasi Masa Perpanjangan SIM -->

Imbas Corona, Polres Klaten Beri Dispensasi Masa Perpanjangan SIM

Jumat, 27 Maret 2020, 18:30
Pemohon SIM memasuki bilik sterilisasi. (foto cahyo)

.
Klaten, Rakyatterkini - Merebaknya wabah virus corona disikapi dengan beragam kebijakan yang berlaku di Jajaran Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Klaten.

Salah satunya dengan memberikan dispensasi masa perpanjangan bagi masyarakat pemegang SIM dengan masa berlaku yang habis pada tanggal 17 Maret hingga 29 Mei.

Penjelasan tersebut disampaikan Kasat Lantas Polres Klaten AKP Bobby Anugrah Rachman mewakili Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo, Jumat (27/3).

"Kepada masyarakat yang memiliki masa berlaku SIM sampai 17 Maret hingga 29 Mei bisa mengurus perpanjangan SIM setelah tanggal 29 Mei 2020," katanya.

Selain memberikan masa dispensasi, kebijakan lain dari Satlantas Polres adalah dengan tetap membuka layanan pembuatan dan perpanjangan SIM.

"Kami tetap membuka layanan SIM, hanya waktu layanannya lebih diperpendek. Masyarakat dapat dilayani pada pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB," jelasnya.

Kebijakan lain yang berlaku di Satlantas Polres Klaten adalah dengan penyediaan bilik sterilisasi bagi masyarakat yang akan mengurus SIM, BPKB dan dokumen lainnya.

Kasatlantas Polres Klaten AKP Bobby Rachman Anugrah mengatakan, penyediaan bilik sterilisasi merupakan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebelum pemohon memasuki ruang layanan di Satlantas Polres Klaten.

"Para pemohon terlebih dahulu harus memasuki bilik sterilisasi untuk disemprot cairan disinfektan. Setelah itu kita sarankan untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun," kata AKP Bobby.

AKP Bobby menambahkan, setelah mencuci tangan, setiap pemohon akan diperiksa suhu tubuhnya dengan menggunakan thermal scanner.

"Bila suhu tubuhnya normal maka baru bisa melanjutkan pelayanan di loket SIM," katanya.

AKP Bobby mengatakan, semua upaya yang sudah dilaksanakan jajaran Sat Lantas Polres Klaten diharapkan bisa lebih memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat di tengah merebaknya wabah virus corona. (cahyo)

TerPopuler