DKP Sumbar Imbau Nelayan Untuk Menjaga Mutu Ikan

DKP Sumbar Imbau Nelayan Untuk Menjaga Mutu Ikan

Sabtu, 21 Maret 2020, 08:45
Kepala DKP Sumbar, Ir. Yosmeri. (foto ist)

Padang, Rakyatterkini - Meningkatkan kualitas hasil tangkapan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumatera Barat mengimbau nelayan untuk menggunakan freezer atau fish box untuk menyimpan ikan di kapal.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumatera Barat, Ir. Yosmeri mengatakan, cara ini dilakukan agar kualitas kesegaran ikan selalu terjaga. Begitu juga mutu hasil tangkapan, juga menentukan harga pasaran.

Nelayan di Sumatera Barat memang belum banyak yang menggunakan frezer untuk menyimpan ikan hasil tangkapannya, sehingga kondisi ini sangat sulit bisa menembus ekspor. Kebanyakan nelayan kita masih menggunakan cara tradisional dengan menggunakan es.

Penggunaan es sebetulnya banyak kekurangannya, es akan gampang mencair bila terkena panas. Apalagi es mencair akan merusak ikan itu sendiri. Kalau esnya jadi air, ikan akan cepat busuk dan tidak bertahan lama.

Potensi tangkapan ikan laut di Sumatera Barat sangat besar, namun, harus didukung Sumber Daya Manusia (SDA) dan fasilitas penunjangnya.

Untuk mendukung hasil tangkapan nelayan, sudah banyak upaya dan pembinaan yang dilakukan pemerintah provinsi, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, di antaranya pemberian bantuan alat tangkap jaring, mesin tempel, tempat penyimpanan ikan (fish box) serta peralatan lainnya.

"Ya, kita telah memberikan bantuan jaring, mesin tempel, fish box dan lainnya, "ujar Yosmeri, Kamis (19/3/2020).

Pembinaan lain yang dilakukan DKP dengan mendorong dan melakukan pelatihan pada masyarakat pesisir untuk membuat produk ikan olahan, seperti rakik maco dan lainnya. (hms-sumbar)

TerPopuler