Cegah Corona, Pemdes Karanglo Klaten Selatan Lakukan Penyemprotan

Cegah Corona, Pemdes Karanglo Klaten Selatan Lakukan Penyemprotan

Senin, 23 Maret 2020, 17:33
 Penyemprotan oleh tim Desa Karanglo (foto istimewa)

Klaten, Rakyatterkini - Merebaknya wabah Covid-19 atau virus corona mendapat perhatian serius dari pemerintah desa (Pemdes) se-Kabupaten Klaten.

Itu terlihat dari kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilakukan serentak oleh pemerintah desa di wilayahnya masing-masing, Senin (23/3) pagi.

Di Desa Karanglo, Kecamatan Klaten Selatan, kegiatan penyemprotan disinfektan dipimpin langsung Cosmas Widodo, kepala desa setempat.

Menurut Kades, penyemprotan dilakukan oleh tim yang berjumlah 8 orang. Tim berasal dari unsur perangkat desa, bhabinkamtibmas dan relawan.

Kades Karanglo mengatakan, tim melakukan penyemprotan di14 RW dengan sasaran TK, PAUD, SD, masjid, gereja dan layanan publik lainnya.

"Untuk penyemprotan mandiri yang dilakukan oleh masyarakat, seluruh bahannya sudah disediakan dari pihak desa," kata Kades.

Menurut Cosmas, di Desa Karanglo terdapat 2 warga yang masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP).

"Ada dua warga yang dalam pemantauan. Yang satu baru saja kembali dari Malaysia sementara yang satu baru dari Bali," katanya.

Ia menambahkan, kepada kedua warga tersebut terus dilakukan pemantauan. Dan keduanya diminta oleh bidan desa untuk tidak pergi keluar rumah.

Menurut Cosmas, kepada kedua warga tersebut juga sudah dilakukan penyemprotan disinfektan segera setelah keduanya tiba di rumah beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, upaya penyuluhan untuk melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) juga sudah sering dilakukan melalui kegiatan rutin saban bulan di tiap RT dan tingkat desa.

Personel TNI sedang melakukan penyemprotan disinfektan. (foto cahyo)

"Saya sudah mengingatkan kepada tiap-tiap Kadus untuk memantau warganya. Hal tersebut perlu dilakukan sebagai langkah antisipatif penyebaran virus corona di Desa Karanglo," pungkasnya.

Menurut informasi yang diperoleh Rakyatterkini.com, penyemprotan disinfektan dilakukan Tim Kecamatan Klaten Selatan dipimpin langsung Camat Joko Hendrawan.

Tim terdiri dari personel TNI dari Dodiklatpur dan Koramil, Polsek Klaten Kota, relawan dan staf kecamatan.

Tim melakukan penyemprotan di sejumlah lokasi publik seperti pom bensin, sekolah, Sub terminal Bendogantungn, masjid, gereja dan pura.

‎Selain melakukan penyemprotan cairan disinfektan, tim juga melakukan sosialisasi pencegahan virus corona dan mengajak warga untuk melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). (cahyo)

TerPopuler