Cegah Corona, Pemdes Gentan Gantiwarno Klaten Bentuk Satgas Tingkat RW

Cegah Corona, Pemdes Gentan Gantiwarno Klaten Bentuk Satgas Tingkat RW

Selasa, 24 Maret 2020, 22:00
Kades Gentan bersama tim penyemprotan disinfektan. (foto.istimewa)

Klaten, Rakyatterkini - Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Gentan, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus corona.

Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah dengan membentuk satuan tugas (satgas) penanggulangan virus corona di tingkat RW.

Kepala Desa Gentan, Kecamatan Gantiwarno Sudiman Tepo kepada Rakyatterkini.com mengatakan, pembentukan satgas dilakukan di 7 RW se-Desa Gentan.

Menurutnya, satgas bertujuan untuk melakukan pemantauan terkait antisipasi penyebaran virus corona di wilayahnya masing-masing‎

"Jika ada warga ‎yang baru datang dari daerah lain, ada yang kurang sehat dan mungkin dicurigai menderita virus corona maka satgas dapat cepat berkoordinasi dengan pemerintah desa," kata
Sudiman Tepo, Selasa (24/3) pagi.

Kades Gentan menambahkan, atas laporan satgas maka pemerintah desa akan melakukan koordinasi dengan bidan desa, puskesmas hingga Dinas Kesehatan.

Terkait penanganan virus corona di Desa Gentan, Kades menjelaskan jika pemerintah desa telah melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah desa setempat.

Menurutnya, tim penyemprotan berasal dari pemerintah desa, relawan Reaksi Cepat Gentan (RCG), Babinsa, Bhabinkamtibmas dan bidan desa.

"Penyemprotan disinfektan telah kami lakukan di sekolah, tempat ibadah, warung, bakul-bakul sayur yang baru kembali dari pasar hingga lokasi yang mereka gunakan untuk berdagang," katanya.

‎Menurut Kades Gentan, pemerintah desa juga sudah berencana melakukan penyemprotan di seluruh pemukiman warga se-Desa Gentan.

Menurut Sudiman Tepo, penyemprotan di Desa Gentan kelak akan dilakukan secara periodik.

Pria yang akrab disapa Tepo itu menambahkan, seluruh bahan untuk penyemprotan disinfektan di wilayah warga sudah disediakan oleh pemerintah desa.

‎"Pemdes telah membekali petugas dengan peralatan yang cukup memadai seperti baju, sepatu, kaos tangan, masker dan kacamata. Semua kami sediakan demi keselamatan petugas saat melakukan penyemprotan disinfektan," pungkasnya. (cahyo)

TerPopuler