BPBD Pasbar Bantu Satu Tangki Disinfektan untuk Kecamatan dan Nagari -->

BPBD Pasbar Bantu Satu Tangki Disinfektan untuk Kecamatan dan Nagari

Senin, 30 Maret 2020, 17:30
Koordinator Percepatan Penanganan virus Corona, Pasaman Barat, Edi Busti membagi desinfektan pada warga. (foto ist) 

Rakyatterkini (Pasaman Barat) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat akan memberikan bantuan tangki dengan kapasitas seribu liter kepada kecamatan dan nagari.

Menurut Koordinator Percepatan Penanganan virus Corona, Edi Busti Senin (30/3), di Padang Tujuh menjelaskan nagari induk dan nagari persiapan sebanyak 91 nagari akan dibantu satu tangki disinfektan. Selain nagari, pihaknya juga memberikan tangki untuk kecamatan.

"Penyemprotan disinfektan merupakan salah satu cara agar virus Corona ini tidak berkembang. Kita di kantor BPBD memang menyediakan 2 liter untuk rumah tangga dan 10 liter untuk fasilitas umum. Namun, tentu nanti itu terbatas, "papar Edi Busti.

Ia melanjutkan, untuk tahap awal pihaknya juga akan membantu pemerintah kecamatan dan nagari disinfektan satu tangki. Namun, untuk selanjutnya, kecamatan dan nagari akan meracik sendiri disinfektan yang sudah diberikan petunjuknya.

"Kecamatan dan nagari silahkan buat disinfektan sendiri dengan bahan yang cukup mudah. Silahkan nanti kecamatan dan nagari menyemprot fasilitas umum yang di wilayah tersebut, "kata Edi Busti.

Edi Busti juga menekankan kepada masyarakat agar terus waspada melihat kondisi saat ini. Pemerintah Daerah sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat agar tunduk pada aturan yang telah diberlakukan.

"Kita harapkan masyarakat patuh terhadap aturan yang telah dibuat untuk menangani virus Corona ini. Bagi masyarakat yang baru pulang dari rantau agar melakukan petunjuk teknis dari petugas kesehatan untuk melakukan isolasi mandiri. Kita akan ketat untuk hal ini, "tegas Edi Busti. (gjr)

TerPopuler