Antisipasi Covid-19, MUI Raja Ampat Keluarkan Maklumat Salat Jumat Diganti Zuhur -->

Antisipasi Covid-19, MUI Raja Ampat Keluarkan Maklumat Salat Jumat Diganti Zuhur

Jumat, 27 Maret 2020, 17:30
Masjid Agung Waisai. (foto istimewa)

Raja Ampat, Rakyatterkini - Antisipasi dan pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Raja Ampat, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Raja Ampat mengeluarkan himbauan Salat Jumat digantikan dengan Salat Zuhur.

Hal tersebut dilakukan sesuai Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat No. 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam situasi wabah COVID-19. 

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Raja Ampat, Abubakar Lodji, menerangkan, Salat Jumat berjamah untuk sementara ditunda dan diganti Salat Zuhur di rumah masing-masing.

"Kita tahu kondisi dunia saat ini sedang dilanda wabah virus corona yang saat ini menjadi perhatian serius. Untuk menjaga dan memutus rantai penyebaran virus ini, maka langkah ini sebagai ikhtiar kita dalam mencegah penyebaran COVID di Waisai Kabupaten Raja Ampat," jelas Abubakar, Jumat (27/3/2020).

Selain fatwa dari MUI Pusat, ada juga Surat Edaran (SE) Gubernur Papua Barat Nomor 850/601/2020 tentang pencegahan penyebaran virus disease (COVID-19) di Wilayah Provinsi Papua Barat dan SE Bupati Raja Ampat Nomor 440/091/SETDA.

Berdasarkan himbauan MUI Kabupaten Raja Ampat Nomor : 007/MAK/MUI/-RA/III/2020, maka seluruh takmir masjid dan kaum Muslimin di Kota Waisai agar menunda sementara Salat Jumat dan menggantikan dengan Salat Zuhur di rumah masing-masing.

Untuk salat fardhu 5 waktu berjalan seperti biasa dengan ketentuan masjid tidak menggunakan karpet, namun jamaah membawa sajadah masing-masing dan menjaga kebersihan masjid sebelum dan setelah salat.

Selain itu, takmir masjid menyiapkan pencuci tangan di setiap pintu-pintu masjid dan bagi jamaah yang mengalami gejala-gejala mirip COVID-19 diminta tidak berjamaah di masjid dan segera melaporkan pada tim satgas COVID-19 Raja Ampat.

Penundaan sholat Jumat ini terhitung mulai tanggal 27 Maret 2020 hingga 10 April 2020. (Ijal)

TerPopuler