Antisipasi Corona, Polri dan TNI di Klaten Gelar Patroli Gabungan

Antisipasi Corona, Polri dan TNI di Klaten Gelar Patroli Gabungan

Rabu, 25 Maret 2020, 21:00
Salah satu lokasi yang didatangi tim gabungan. (foto istimewa)

Klaten, Rakyatterkini - Merebaknya wabah Covid-19 atau virus corona mendapat perhatian serius dari jajaran kepolisian dan TNI utamanya di Kabupaten Klaten.

Hal tersebut terlihat saat berlangsung patroli gabungan yang dipimpin langsung Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo dan Dandim 0723/Klaten Letkol Kav Minarso, Senin (23/3) malam.

Personel gabungan menyusuri sejumlah ruas jalan utama di Klaten dan sejumlah lokasi yang biasa dijadikan tempat berkumpulnya warga.

Lokasi yang didatangi  antara lain, Alun-alun, Jalan Pemuda, Stadion Trikoyo, warung hik, lesehan dan kafe.

Kapolres Klaten, AKBP Wiyono Eko Prasetyo mengatakan, personel gabungan melakukan patroli sekaligus menyampaikan himbauan secara persuasif kepada masyarakat yang masih bergerombol, berkerumun atau berkelompok.

"Kami himbau agar mereka tidak melakukan kegiatan dengan mengumpulkan massa dalam jumlah banyak," kata AKBP Wiyono Eko.

Menurutnya, apabila himbauan yang disampaikan secara persuasif tidak juga diindahkan dan tetap dilaksanakan maka pihaknya akan menyampaikan bahwa perintah ini didasarkan pada undang-undang sehingga harus dilaksanakan.

"Apabila masyarakat atau siapapun itu sudah kita berikan pemahaman, himbauan dan perintah  namun tidak melaksanakan bahkan malah melawan maka bisa dijerat dengan KUHP Pasal 212, 216, 218 dengan ancaman pidana antara 4 bulan hingga 1 tahun kurungan penjara," jelas AKBP Wiyono Eko Prasetyo.

‎Sementara itu, Dandim 0723/Klaten Letkol Kav Minarso mengatakan, langkah preventif ini sangat penting dilakukan mengingat letak Klaten diapit oleh beberapa kota yang sudah dinyatakan KLB (kejadian luar biasa) virus corona.

"Pencegahan ini akan dilakukan terus menerus sesuai dengan instruksi pimpinan sampai dinyatakan bahwa Covid-19 ini sudah tidak ada lagi di wilayah kita ini," pungkasnya. (cahyo)

TerPopuler