Anggota Poktan di Sutera Diduga Banyak Fiktif -->

Anggota Poktan di Sutera Diduga Banyak Fiktif

Sabtu, 28 Maret 2020, 14:30
Ilustrasi.

Painan, Rakyatterkini - Anggota kelompok tani (poktan) Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan diduga banyak fiktif. Akibatnya bantuan yang digelontorkan oleh pemerintah yang seharusnya dapat dimanfaatkan oleh para petani justru dinikmati oleh segelintir orang.

Pernyataan tersebut disampaikan Camat Sutera, Fachruddin SH, dan seberapa wali nagari di Kecamatan Sutera, kepada sejumlah wartawan.

"Saya meminta agar anggota kelompok tani dan gapotan harus benar-benar petani yang aktif, jangan orang yang bukan petani. Saya banyak mendapatkan informasi, nama anggota Poktan banyak difiktifkan, sehingga bantuan dari pemerintah yang seharusnya diterima petani, malah dinikmati oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” katanya.

Menurutnya, program sangat banyak seperti, cetak sawah, dapat bantuan mesin bajak sawah, mesin giling padi, mesin untuk pamanen padi.

Dimana pemerintah daerah menganjurkan membangunkan irigasi dan mempergunakan mesin tersebut untuk kepentingan bersama bukan untuk kelompok dan segelintir oknum saja. agar petani bisa membajak sawah dan upah yang rendah.sehingga cepat proses petani tidak mengalami gagal tanam maupun gagal panen.

Dari ratusan kelompom tani dan puluhan gapotan, di Nagari Sutera, hanya sebagian kelompok saja yang ‘mengaktifkan’ diri, lainnya tidak diikutsertakan dalam program bantuan dari pemerintah.
"Yang saya takutkan, ini menjadi kecemburuan sosial, terlebih banyak nama anggota yang difiktifkan,” bebernya.

Untuk itu, sambung Camat Sutera, pihaknya menjalankan fungsi pengawasan pemerintah kecamatan terhadap kelompok tani, sehingga ke depan apa yang menjadi tujuan pemerintah dalam memberikan bantuan bisa dirasakan masyarakat petani langsung.

"Apa yang kita lakukan ini semata-mata untuk kemaslahatan. Kita berharap petani selaku warga Nagari dan kecamatan sutera bisa hidup makmur, jangan kemakmuran hanya dinikmati beberapa oknum saja,” pungkasnya. (baron)

TerPopuler