Wakil Walikota Payakumbuh Resmikan Grand Opening Sanggar Seni Rajo Batuah -->

Wakil Walikota Payakumbuh Resmikan Grand Opening Sanggar Seni Rajo Batuah

Selasa, 11 Februari 2020, 07:54
Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunas memukul gong tanda diresmikannya grand opening Sanggar Seni Rajo Batuah. (foto ist)

Payakumbuh, Rakyatterkini - Grand Opening Sanggar Seni Rajo Batuah di Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah, Payakumbuh, dihadiri wakil Walikota, Erwin Yunas, Minggu (9/2).

Wakil walikota didampingi Plt. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Andiko Jumarel, Kabid Kebudayaan, Donisa Putra dan Pimpinan Sanggar Seni Rajo Batuah, Ayang Masita.

Peresmian Sanggar Seni Rajo Batuah ditandai dengan penabuhan gendang oleh wakil walikota Payakumbuh sebagai tanda sanggar Seni Rajo Batuah resmi dibuka.

Dalam sambutannya Erwin Yunaz mengatakan sangat peduli dengan pelestarian dan perkembangan budaya, serta pemanfaatannya seni sebagai atraksi pariwisata budaya. Apalagi yang mampu melibatkan masyarakat dan dapat mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

Erwin juga berterima kasih kepada Pimpinan Sanggar Seni Rajo Batuah, Ayang Masita yang telah membantu melestarikan, mengembangkan mengangkat dan mengenalkan kebudayaan Indonesia khususnya kebudayaan adat Minangkabau. Ke depan Sanggar Seni Rajo Batuah bisa menjadi kebanggan warga Kota Payakumbuh.

"Saya mengapresiasi sebesar-besarnya kepada Ibuk Ayang Masita selaku pimpinan sanggar karena dari sini kita sudah mulai bisa mengenalkan dan melestarikan serta memanfatkan budaya Indonesia kepada anak-anak dan generasi muda kita sebagai warisan budaya yang harus dijaga kelestariannya," ujar Erwin

Pimpinan Sanggar Seni Rajo Batuah, Ayang masita menjelaskan sanggar ini berlokasi di Kelurahan Balai Panjang dan tempat latihan di Kantor Lurah Labuah Basilang. Sanggar berdiri sejak 6 bulan lalu dengan anak didik sanggar tujuh orang. 

"Awalnya kami mendirikan sanggar ini untuk memotivasi anak-anak yang jiwa seninya jauh dari yang kami harapkan, terinspirasilah kami untuk merangkul anak nagari untuk memunculkan jiwa seni dalam dirinya masing-masing.

"Alhamdulillah berkat keyakinan kami merangkul anak-anak mendalami arti seni Minangkabau, maka saat ini anak didik kami sudah mencapai 60 orang,"ujar Ayang

Ayang menambahkan Besar harapan kami kepada OPD terkait yaitu Dispapora untuk nantinya bisa  bekerjasama dibawah binaan Dispapora.

Pada Grand Opening Sanggar Seni Rajo Batuah Ini juga diadakan lomba Tari Pasambahan dan Lomba Baju Kuruang tingkat Sumatera Barat. Dimana lomba ini diikuti oleh anak-anak didik sanggar yang berasal dari Payakumbuh, lima puluh Kota, Bukittinggi, Padang Panjang dan Pariaman.

Dari perlombaan ini akan diberikan hadiah berupa produk kecantikan Inez, Tropy dan tabanas.(rel/rdo)

TerPopuler