Wagub Nasrul Abit Panen Raya Bawang Putih, Lahan Harus Dikembangkan

Wagub Nasrul Abit Panen Raya Bawang Putih, Lahan Harus Dikembangkan

Minggu, 09 Februari 2020, 16:42
Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit panen raya bawang putih di Nagari Tanjung Alam, Tanah Datar. (foto ist)

Tanah Datar, Rakyatterkini - Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit menggelar panen raya bawang putih, di Nagari Tanjung Alam, Tanjung Baru, Tanah Datar.

Bawang putih yang dipanen kali ini adalah berjenis Lumbu Hijau, dikelola kelompok Wanita Tani (KWT) Legumer, di atas lahan seluas tiga hektare. Lumbu Hijau merupakan satu-satunya varietas bawang putih yang cocok ditanam untuk karakter tanah di Sumbar.

“Ini tindak lanjut dari kunjungan kami ke Pasar Raya Padang kemarin, terkait kelangkaan dan kenaikan harga bawang putih,” kata Wagub Sumbar, Nasrul Abit, usai panen raya bawang putih, Sabtu (8/2/2020).

Dikatakan, Pemprov Sumbar melalui Dinas Ketahanan Pangan telah berkomunikasi dengan pemerintah pusat terkait meminta penambahan pasokan bawang putih ini.

"Sambil menunggu proses tambahan pasokan itu, kami panen bawang putih. Ini salah satu upaya mengatasi kenaikan harga, mudah-mudahan bisa menambah pasokan. Hasil panennya diperkirakan mencapai empat sampai enam ton per hektarenya, "ujar Nasrul.

Ke depan, pihaknya akan mengembangkan lahan pertanian khusus bawang putih di beberapa daerah yang potensial. Seperti di Tanah Datar, Agam dan Alahan Panjang. Pengembangan lahan ini bertujuan meningkatkan produksi lokal akan komoditi bawang putih.

Pemprov Sumbar juga berusaha bagaimana produk lokal untuk komoditi bawang putih meningkat. "Lahan pertanian bawang putih ini akan kita kembangkan. Ada 127 hektare lahan yang tersedia. Mudah-mudahan dengan adanya pengembangan ini, bisa memenuhi kebutuhan sumbar akan bawang putih, "kata Nasrul Abit. (*)

TerPopuler