Terminal Tipe A akan Dibangun di Anak Aie, Pemko Siapkan Lahan 2,7 Hektare -->

Terminal Tipe A akan Dibangun di Anak Aie, Pemko Siapkan Lahan 2,7 Hektare

Senin, 03 Februari 2020, 09:05
Ilustrasi. (net)

Padang, Rakyatterkini - Pemerintah Kota (Pemko) Padang akan membangun terminal tipe A di Anak Aie, Koto Tangah, Padang. Terminal tersebut ditargetkan dapat beroperasi lebaran mendatang.

Pembangunan terminal tipe A tersebut merupakan bantuan dan akan dikerjakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Dian Fakhri, Senin (3/2/2020) mengatakan Pemerintah Pusat dan Pemko Padang sudah berkomitmen untuk menuntaskan pembangunan terminal tipe A Anak Aie tahun ini.

Pembangunan terminal ini merupakan program prioritas Kementerian Perhubungan RI dan akan dimulai tahun ini dan ditargetkan selesai akhir Desember 2020 mendatang.

Dikatakan, kontraknya sudah ditandatangani dan pembangunannya akan memakan waktu selama 12 bulan. "Ditargetkan sebagian bangunan terminal bisa digunakan saat lebaran 2020 nanti,” ujarnya.

Untuk pembangunan terminal tersebut, Pemko Padang telah menyediakan lahan seluas 2,7 hektare dan dananya bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sebesar Rp72 miliar.

Jika telah selesai, terminal tersebut mampu melayani 500 unit angkutan kota dalam provinsi (AKDP) dan 150 angkutan kota antar provinsi (AKAP).

Dengan adanya terminal bisa memperlancar arus lalu lintas dan bus AKDP, agar tidak lagi menaik-turunkan penumpang di jalan, kata Dian. (*) 

TerPopuler