SMKN 1 Painan jadi Sekolah Ramah Anak

SMKN 1 Painan jadi Sekolah Ramah Anak

Rabu, 05 Februari 2020, 07:53
Bupati Hendrajoni tandatangani sekolah bercontohan ramah anak. (foto ist)

Painan, Rakyatterkini - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Painan, Pesisir Selatan, bakal menjadi sekolah percontohan ramah anak di daerah setempat, Senin (3/2).

Deklarasi SMKN 1 Painan sebagai sekolah ramah anak langsung dihadiri Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, usai menjadi pembina upacara di sekolah tersebut.

Prosesi deklarasi sekolah layak anak diawali dengan pembacaan naskah deklarasi sekolah ramah anak oleh salah seorang guru dan diikuti oleh seluruh pelajar.

Usai pembacaan deklarasi dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi oleh Bupati Hendrajoni, Kepala Sekolah SMKN 1 Painan, Syamsul Mardan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pessel, Suhendri, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Zulfian Apriyanto, selanjutnya diikuti seluruh majelis guru.

"Dengan telah menyandang prediket sekolah ramah anak, maka kami berharap hal ini benar-benar dapat mendorong sekolah ini untuk memenuhi dan menghargai hak anak di sekolah," kata Bupati kembali mengingatkan.

Menurutnya, pemenuhan dan perlindungan hak anak dimulai dari perencanaan, kebijakan pembelajaran, dan pembinaan. Bahkan, jika sekolah sudah ramah anak niscaya siswa akan betah berada di sekolah meskipun dalam rentang waktu yang lama.

"Ke depan kami berharap sekolah ini juga jadi percontohan bagi sekolah lainnya yang ada di Pessel," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pessel, Zulfian Aprianto menyebutkan, hingga kini sudah ada sebanyak 66 sekolah yang mendeklarasikan sebagai sekolah ramah anak.

"Ya, 66 sekolah itu adalah, 7 sekolah SLTA, 1 SMKN, 2 Madrasyah Aliyah, 12 SLTP, 7 MTsN, dan 37 SD," ujarnya. (baron)

TerPopuler