SKD CPNS Tanah Datar, 3.420 Peserta Penuhi UPI -->

SKD CPNS Tanah Datar, 3.420 Peserta Penuhi UPI

Minggu, 09 Februari 2020, 17:07
SKD CPNS Tanah Datar berlangsung di Universitas Putra Indonesia (UPI) Padang. (foto mm)

Padang, Rakyatterkini - Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemkab Tanah Datar, Minggu (9/2/2020) dimulai dan berlangsung lancar.

Sebanyak 3.420 orang beradu nasib dan mereka terbagi ke dalam tujuh sesi untuk bersaing merebut 169 formasi yang tersedia. Tes SKD itu berlangsung di Universitas Putra Indonesia (UPI) Padang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Datar, Irwandi menuturkan ujian dilaksanakan berbasis komputerisasi dan pada hari ini 2.515 peserta mengikuti tes yang dibagi ke dalam lima sesi.

Sementara pada Senin (10/2) diikuti 905 peserta lagi dalam dua sesi. Satu sesi itu 1,5 jam dengan jeda per sesi 30 menit.

Pada sesi pertama ini, Irwandi didampingi Plt. Kepala BKPSDM Elvi Sandri, Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmy Harun, Asisten Ekobang Edisusanto, Inspektur Altri Suandi, dan Kepala Dinas Pol PP Damkar Yusnen.

Dalam pelaksanaan ujian, peserta diminta untuk melengkapi semua persyaratan agar tidak terkendala. Patuhi tata tertib ujian, dan datanglah lebih awal.

Irwandi juga menegaskan, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk meloloskan atau tidak pada peserta seleksi. Soal kelolosan itu, sepenuhnya menjadi kewenangan Badan Kepegawaian Negara (BKN) sesuai dengan sistem yang ditentukan.

Dengan sistem komputerisasi, Irwandi mengakui, peserta ujian akan dapat langsung mengetahui hasilnya tanpa harus menunggu lama. Hasil yang dicapai, tergantung pada kemampuan menyelesaikan soal bersandar pada sistem tersebut.

Dikatakan, pelamar pada formasi Kabupaten Tanah Datar sebenarnya ada 4.282 orang, namun yang berhasil lolos seleksi administrasi 3.426 orang. Yang ikut SKD dengan sistem CAT hanya 3.420 orang, karena yang enam orang lagi adalah kategori P1/TL dan memilih untuk tidak ikut ujian.

Setelah dinyatakan lolos mengikuti SKD, peserta juga akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada Maret 2020 nanti. Kelulusan akhir dan pemberkasan untuk mendapatkan Nomor Induk Pegawai (NIP) dijadwalkan pada April 2020 ini. (mm)

TerPopuler