Ranah Batahan Dilanda Banjir, Tiga Sekolah Dasar Liburkan Siswanya

Ranah Batahan Dilanda Banjir, Tiga Sekolah Dasar Liburkan Siswanya

Sabtu, 08 Februari 2020, 12:02
Banjir melanda Ranah Batahan, Pasaman Barat. (foto antara)

Pasaman Barat, Rakyatterkini - Ranah Batahan, Pasaman Barat, Sumatera Barat dilanda banjir sejak Sabtu (8/2) pagi. Akibatnya, proses belajar mengajar di tiga Sekolah Dasar diliburkan karena gedung sekolah terdampak banjir.

Kepala Dinas Pendidikan Pasaman Barat, Marwazi B, Sabtu (8/2) mengatakan tiga sekolah yang diliburkan itu, SDN 06, SDN 12 Taming Tonga, dan SDN 13 Sukarejo di Kecamatan Ranah Batahan karena air menggenangi jalan masuk dan ruang belajar sekolah tersebut.

Jumlah siswa di tiga sekolah itu 532 anak, terdiri atas SDN 06 sebanyak 120 anak, SDN 12 sebanyak 87 anak, dan SDN 13 sebanyak 325 anak.

"Dari data sementara tidak ada korban jiwa dan kerusakan sekolah hanya terendam air saja," katanya, sebagaimana diwartakan Antara.

Banjir yang melanda Ranah Batahan akibat luapan air dari sejumlah sungai di daerah itu, setelah hujan lebat sejak Jumat (7/2) malam. Ketinggian air yang merendam rumah warga antara 55-70 sentimeter.

Banjir melanda setelah tiga sungai meluap, yakni Sungai Batang Taming merendam sekitar 150 rumah warga, Sungai Batang Batahan merendam 20 rumah, dan Sungai Batang Laping, Jorong Sukorejo, Kampung Dalam, dan Sawahan merendam 35 rumah.

Pihak kecamatan bersama anggota Polsek Ranah Batahan, babinsa, dan anggota tagana setempat saat ini masih memberikan bantuan kepada warga dan mengevakuasi barang-barang milik warga ke tempat yang lebih aman. (*)

TerPopuler