Petani Batang Kapas Sangat Membutuhkan Embung

Petani Batang Kapas Sangat Membutuhkan Embung

Jumat, 07 Februari 2020, 08:06
Sawah petani yang baru selesai bercocok tanam. (foto baron)

Pesisir Selatan, Rakyatterkini - Pembangunan Embung di Nagari Koto Nan Tigo Tanah Kareh, Kecamatan Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, telah tuntas dikerjakan.

Embung ini bisa mengairi sawah masyarakat setempat sebanyak 200 hektare, ujar Camat Batang Kapas, Wedra Rovikto, Kamis (6/2/2020).

Masyarakat juga merasakan keberadaan Embung di kenagariannya, karena bisa memfasilitasi sawah dengan dialiri air.

Apri, (35) petani setempat mengakui, lahan pertanian masyarakat biasanya mengandalkan air hujan. "Apalagi dulunya tidak ada saluran irigasi. Kami selalu kesulitan turun ke sawah. Namun, Alhamdulillah sekarang dengan adanya Embung Tanah Kareh ini, sawah kami bisa teraliri dengan maksimal," ujarnya.

Kepala Dinas Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Pessel, Doni Gusrizal mengatakan, pembangunan Embung Tanah Kareh menelan anggaran sebesar Rp2,5 miliar yang bersumber dari APBN 2019.

Ia menuturkan, untuk lebih memaksimalkan fungsi embung tersebut, 2020 ini pihaknya bakal melanjutkan pembangunan jaringan irigasi dengan memanfaatkan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp300 juta.

Harapan kami, jaringan irigasi ini dapat meningkatkan fungsi embung tersebut, sehingga petani menjadi senang turun ke sawah," ujarnya. (baron)

TerPopuler